Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Beberapa Cara agar Anda Bisa Bangun Pagi Lebih Awal

Beberapa Cara agar Anda Bisa Bangun Pagi Lebih Awal



O

rang-orang sukses yang kita kenal seperti Bil Gates dan lain-lain adalah orang yang disiplin bangun pada pagi hari. Sebab bangun lebih awal pada pagi hari akan membuat anda lebih kreatif dan produktif. Oleh karena itu, biasakan diri anda untuk bisa bangun pada pagi hari mulai Pukul 04.00-04.30.

Memang hal ini sulit, karena banyak orang – barangkali termasuk anda – lebih produktif pada malam hari seperti burung hantu. Namun, hal tersebut akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Misalnya, anda akan bangun kesiangan dan tubuh atau tenaga produktif anda menjadi lemah.

Hal tersebut juga tentu tidak dianjurkan bagi anda yang berprofesi sebagai pebisnis atau yang bekerja produktif pada siang hari. Sebab jika anda beraktivitas sampai larut malam, maka kegiatan anda pada besok harinya akan terganggu. Karena itu, mulailah bangun lebih awal pada pagi hari dengan beberapa cara di bawah ini.

Pertama, Bangun Lebih Awal dari Biasanya

Bagi anda yang biasa bangun pagi terlambat dan ingin mengubah kebiasaan tersebut yakni mulai atau biasakan diri untuk bangun lebih awal. Misalnya, gunakan waktu 10 atau 15 menit untuk bangun lebih awal dari waktu biasanya. Misalnya anda terbiasa bagun pada pukul 05.00, maka mulailah mengubahnya dengan cara bangun lebih dahulu 10 atau 15 menit sebelum jam 5 pagi. Kebiasaan tersebut mesti anda coba setiap hari sampai menjadi suatu pola yang tetap bagi kebiasaan bangun pagi anda.

Kedua, Tempatkan Jam Weker Jauh dari Tempat Tidur

Jam weker atau alarm seringkali menjadi pilihan cocok bagi orang yang kesulitan bangun pada pagi hari. Namun, strategi tersebut juga seringkali tidak memberikan hasil yang maksimal. Hal ini disebabkan karena anda atau kita seringkali tidak menghiraukan suara dari jam weker tersebut ketika ia memanggil kita untuk bangun pada waktu yang sudah kita tentukan. Ini biasanya, ketika jam weker berbunyi, kita langsung mematikannya dan melanjutkan tidur kita.

Karena itu, solusi yang ditawarkan bagi kita ialah menempatkan alarm jauh dari tempat tidur. Maksudnya supaya saat ia berbunyi, kita bisa langsung bangun dari tempat tidur bukan mematikannya. Tempatkan alarm misalnya di rak buku anda atau di atas lemari jauh dari jangkauan tangan anda. Saat ia berbunyi, anda pasti akan bangun dan saat anda bagun, mata anda akan segar dan tidak mengantuk lagi.

Ketiga, Harus Paksa Diri

Meninggalkan pola malas bangun pagi atau bangun kesiangan yang sudah membudaya memang sangat sulit. Namun, bukan berarti tidak bisa. Anda harus mencobanya. Salah satu yang dianjurkan yakni adanya kemauan kuat dalam diri anda. Sebab tanpa kemauan yang kuat, energi negatif akan menguasai diri anda.

Salah satu langkah radikal yang harus anda lakukan yaitu memaksa diri untuk bisa bangun dari waktu biasanya. Jadi ketika ada kemauan dalam diri anda untuk bagun lebih pagi maka, kemauan itu harus diwujudkan. Jangan tunda-tunda. Ketika anda ingin bagun pada jam 04.00 pagi, maka komitmen tersebut harus anda wujudkan walaupun ada godaan kuat dari kasur tempat tidur untuk tidur lagi. Anda harus memaksa diri untuk bangun. Hal ini harus dilakukan sampai menjadi habitus baru bagi anda.

Namun, ingat saat anda bangun jangan membuat diri seperti ayam kena virus. Anda mestinya semangat. Salah satunya dengan langsung membuka jendela atau pintu dan keluar dari kamar. Sebab, godaan kamar bisa saja menguasai anda lagi.

Demikian beberapa solusi atau langkah yang dapat anda lakukan setiap pagi. Salah sehat, salam sukses.

 

 

 


Post a Comment for "Beberapa Cara agar Anda Bisa Bangun Pagi Lebih Awal"