Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Orang NTT Wajib Tiru 5 Gaya Hidup Orang Eropa

Orang NTT Wajib Tiru 5 Gaya Hidup Positif Orang Eropa

Orang Eropa selalu dikenal sebagai orang hebat dalam segala macam bidang, baik itu Sumber Daya Manusia, penemuan-penemuan peralatan teknologi, kemajuan infrastrukur, pendidikan dan sebagainya. Semua jenis pencapaian itu, tidak terlepas dari gaya hidup atau life style yang dipraktikkan oleh orang Eropa.

Oleh karena itu, kita sebagai orang Nusa Tenggara Timur, wajib memelajari gaya hidup mereka. Sebab bagaimana pun juga hal positif patut kita pelajari. Berikut di bawah ini ada beberapa hal positif yang patut kita tiru.

Pertama, Hidup Disiplin


Menurut orang Eropa, disiplin adalah cikal bakal dari sebuah kesuksesan, karena itu, sejak kecil mereka sudah diajarkan untuk hidup disiplin. Hidup disiplin, diajarkan bukan hanya di rumah, melainkan juga di lembaga-lembaga pendidikan dasar sampai tinggi.


Coba anda pelajari sejarah pendidikan di Indonesia, khususnya di NTT. Akar pendidikan kita berasal dari orang Eropa. Banyak Pastor barat yang datang ke NTT dan mengajarkan sistem pendidikan bagi warga NTT terdahulu. Salah satu hal yang mereka ajarkan ialah disiplin.


Makanya, dulu, orang Eropa biasanya membangun asrama agar mudah mendidik orang NTT, khususnya mereka yang mengenyam pendidikan di Seminari. Disiplin dimulai saat bangun pagi hingga tidur malam.


Ingat, orang Eropa sangat disiplin soal jam tidur malam. Mereka jarang mete atau tidur di atas pukul 10.00 malam. Tujuannya supaya mereka bisa bangun pagi dengan semangat baru dan disiplin. Salah satu semboyan mereka ialah waktu adalah uang, maka jangan sia-siakan waktu anda.


Kedua, Tidak Lipat Uang Kertas

Di mata orang Eropa, tindakan melipat uang kertas merupakan sebuah kekeliruan, sebab bagi mereka uang adalah alat pembayaran yang sah dan sangat berharga. Tanpa uang, mereka tidak bisa memenuhi kebutuhan harian mereka. Karena itu, ketika ke supermarket misalnya, mereka tidak pernah melipat uang kertas tetapi menyimpan uang dengan rapi di tas pribadi sampai saat membayarnya di kasir.


Artinya, uang harus dihormati dan dijaga kerapihannya. Selain itu, ada makna lain bahwa uang bukanlah benda mati yang tidak berguna. Menghormati uang yang patut kita orang NTT tiru yakni, tidak menggunakan uang untuk hura-hura atau boros.


Ketiga, Pikiran Terbuka


Orang barat dikenal pula sebagai manusia yang suka akan hal-hal baru, akan keindahan alam dan budaya baru. Makanya, tidak heran kalau banyak di antara mereka selalu berkunjung ke Indonesia khususnya ke tempat wisata misalnya Bali atau Lamalera di Lembata.


Saat mereka mengunjungi tempat baru dengan karakter manusia NTT atau Indonesia secara umum, pikiran orang barat sangat terbuka. Mereka suka sekali berkenalan dengan orang baru, tertarik belajar bahasa daerah lain, suka memelajari cerita-cerita mitos di daerah tertentu dan juga suka bersahabat atau bergaul.


Sebagai warga NTT, kita patut meniru cara hidup seperti itu, apalagi kita hidup di daerah dengan kekayaan budaya, bahasa dan keindahan alam yang luar biasa. Besahabat dengan siapa saja, jangan suka tawuran, hormati perbedaan dan seterusnya.


Keempat, Rajin Baca Buku

Kalau kita mencari tahu gaya hidup orang barat, salah satu gaya hidup mereka yakni suka membaca buku dimana saja, entah di rumah, di dalam kereta, di sekolah, di taman dan lain-lain. Sebab buku bagi mereka adalah jendela dunia.


Dengan membaca, mereka bisa mengenal dan mengetahui banyak informasi. Tentu, kebiasan ini berbeda dengan gaya hidup kita di NTT. Sebab budaya kita adalah budaya tutur atau suka omong. Namun, seturut perkembangan dunia pendidikan, orang NTT sudah mulai beradaptasi dengan gaya hidup barat. Sudah ada banyak penulis hebat dari NTT. Ya, salah satu energi menulis datang dari rajin membaca buku.


Oleh karena itu, mulailah gunakan waktu cukup untuk membaca buku, koran dan lain-lain. Jangan malu, sebab kita harus mengejar perubahan lewat banyak membaca. Membaca memberikan banyak manfaat untuk kita di kemudian hari.

Kelima, Terus Terang


Salah satu karakter khas orang Eropa adalah bicara jujur dan terus terang. Mereka tidak suka mengkambinghitamkan orang. Kebiasaan terus terang ini sudah diajarkan sejak di rumah, khususnya bagi anak-anak kecil.


Misalnya, ada seorang anak yang terantuk pada batu dan menangis, maka orangtuanya akan berbicara terus terang kepada anak itu supaya lebih hati-hati. Mereka akan menjelaskan bahwa penyebab kaki sakit dan anak menangis karena ia terantuk pada sebuah batu tertentu. Hal ini berbeda dengan orangtua di NTT yang cenderung mengkambinghitamkan batu.


Jika anak terantuk, maka bukan memberi penjelasan rasional, sebaliknya orangtua akan marah dan pukul batu seolah-olah batulah yang salah, padahal batu adalah benda mati.


Bicara terus terang mengajarkan kita untuk berpikiran terbuka, rasional dan tentu saja tidak suka berbohong pada sebuah fakta.

Post a Comment for "Orang NTT Wajib Tiru 5 Gaya Hidup Orang Eropa"