Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

ADVENTUS (KEDATANGAN) YANG DITUNGGU MEMBUAT GEMBIRA


P. Simeon Bera Muda, SVD

 SANTAPAN SABDA HARI MINGGU ADVENTUS IIIB (13 Desember 2020)    

Gembira, senang, bahagia, sukacita, sukaria punya arti sama.


Umat Allah dalam Kristus. Sesudah lama menderita di tempat pembuangan, Allah datang dalam diri hamba Allah yang merupakan kabar gembira untuk lepaskan bangsa Israel seperti membawa mereka keluar dari penjara. Maka Yesaya menyampaikan kegembiraan besar seperti pakai pakaian yang paling indah. Juga umat mengalami lagi Firdaus yaitu taman yang merupakan tempat penuh kegembiraan yang pernah hilang karena dosa manusia. Tuhan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa karena bangsa Israel mengalami hidup yang senang seperti bangsa-bangsa lain bahkan bisa buat bangsa lin bergembira bersama Israel.

 

Lagu pujian Maria dalam injil Lukas menjadi kidung antar bacaan. Bersama seluruh umat Maria mengalami bahwa Allah memperhatikan umat-Nya dengan kasih sayang yang besar seperti sudah dialami Abraham lalu bangsa itu yang menamakan diri Ibrani karena menjadi hamba di tanah asing Mesir juga menjadi hamba di pembuangan. Allah turunkan orang sombong, orang berkuasa dan kaya artinya Allah membuat orang-orang itu tidak lagi membuat susah orang yang sudah sangat menderita. Semua orang hanya mengalami kebahagiaan karena Allah yang melakukan semua itu.

 

Injil Yohanes menceriterakan bagaimana umat yang sedih waktu sedang tunggu Mesias yang diharapkan sebagai seorang Elia atau salah seorang nabi. Yohanes Pembaptis menegaskan bahwa Mesias itu ada di tengah umat meskipun belum dikenal. Mesias itu lebih besar dari semua nabi bahkan lebih dari Yohanes Pembaptis sendiri. Mesias itu adalah hamba Allah yang dirindukan sejak lama seperti diulang terus oleh para nabi dan Yohanes tegaskan kepenuhan kedatangan Mesias itu.

 

Paulus mengajak umat Tesalonika untuk bersukacita di dalam doa dan mengucap syukur karena Allah yang setia sejak dahulu itu membebaskan umat-Nya. Mesias yang datang itu di dalam Roh menguduskan manusia yaitu membuat seluruh badan dan jiwa umat-Nya tetap terpelihara, mendapat kegembiraan sempurna sekarang dan nanti.

 

Umat Allah di dalam Kristus. Kita menanti kedatangan Mesias itu dengan rasa cemas. Tetapi Allah dalam Santapan Sabda hari ini memberi kegembiraan kepada kita yang sedang tunggu kedatangan (adventus) itu untuk menanti dengan sungguh-sungguh karena kita membuat hidup kita seperti hamba yang menunggu kedatangan tuan mereka entah kapan saja tuan itu tiba. Kita bergembira karena Allah datang secara tetap menolong kita dan membuat kita hidup dalam kegembiraan meskipun tetap ada banyak susah dan penderitaan. Yesus, Mesias yang ditunggu oleh seluruh umat manusia turun temurun itu memberi kita juga Santapan Tubuh-Darah Yesus sendiri supaya roh, jiwa dan tubuh kita dipenuhi oleh Yesus sendiri untuk menerima kedatangan-Nya di dalam kebahagiaan sambil terus membuat semua orang, saudara-saudari kita yang lain menunggu dengan baik untuk juga mengalami kegembiraan yang lengkap dari Allah, kegembiraan rohani dan jasmani seperti yang selalu dialami umat turun temurun dan disempurnakan oleh Dia Yang Datang itu.


Seminari Tinggi santu Paulus Ledalero – PPKKS (Pusat Pelayanan Kerasulan Kitab Suci) Provinsi SVD Ende


 

1 comment for "ADVENTUS (KEDATANGAN) YANG DITUNGGU MEMBUAT GEMBIRA"