Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Empat Macam Bisnis Kreatif Gaya Mahasiswa Zaman Now

 




Menjadi Mahasiswa seringkali lebih ditekankan soal kekayaan ilmu pengetahuan teoretis. Namun, ada hal lain yang perlu diketahui yaitu berbisnis. Dalam buku
Bisnis Ala Milenial yang ditulis oleh Salsabiela (2019), terdapat beberapa macam tipe mahasiswa. Misalnya, Mahasiswa bertipe lusuh, tipe main, dandan dan seterusnya. Masing-masingnya memiliki karakter tersendiri. Nanti bisa baca sendiri.

Terlepas dari tipe-tipe mahasiswa yang disebutkan oleh Salsabiela, pada artikel kali ini, saya akan membahas beberapa jenis bisnis yang layak bagi mahasiswa zaman sekarang.

Pertama, piara ternak.

Menjadi mahasiswa bukan berarti kita hanya fokus mengisi ilmu pada batok kepala kita – walaupun itu menjadi sebuah tuntutan dalam dunia pendidikan. Namun, perlu diketahui bahwa menjadi mahasiswa zaman ini, kita juga membutuhkan biaya pendidikan yang super mahal, apalagi jika kita datang dari keluarga yang berekonomi standar.

 Berbisnis adalah salah satu jalan yang terbaik untuk mencari pendapatan ekstra. Salah satunya memelihara ternak. Khusus untuk di wilayah Nusa Tenggara Timur. Ternak yang paling banyak diminati adalah babi dan ayam. Oleh karena itu, mahasiswa zaman sekarang harus kreatif dalam membagi waktu. Bukan hanya membaca buku melainkan juga memelihara ternak.

 Memelihara ternak menjadi salah satu pilihan terbaik. Cara yang mesti ditempuh tentunya mahasiswa harus membagi waktu kuliah dengan waktu untuk mengurus ternak. Misalnya, setelah kuliah, mahasiswa bisa meluangkan waktu untuk mencari makanan babi. Ingat, hidup zaman sekarang menuntut mahasiswa untuk berpikir dan berbuat yang produktif.

 Intinya ialah mahasiswa harus berani berbisnis dan menghilangkan gengsi. Piara babi atau ayam di lahan yang kosong. Jika, mahasiswa menginap di Kos, maka bisa kerja sama dengan pemilik kos untuk mencari tempat yang tepat.

 Kedua, buka jasa juru servis komputer.

Jika ada mahasiswa yang ahli dalam mengelola komputer, jangan sia-siakan kemampuan ini. Di tengah persaingan hidup yang selalu melekat dengan komputer sebagai alat bantu dalam bekerja, membuka jasa juru servis komputer adalah langkah yang tepat. Misalnya, instal leptop dan seterusnya yang seringkali menjadi keluhan para pengguna leptop.

 Ketiga, kuliner online.

Mahasiwa/i yang berminat pada bidang kuliner bisa memaksimalkan potensi ini untuk berbisnis. Biasanya, setelah mengikuti kuliah di kampus, para mahasiswa/i selalu membutuhkan makanan untuk menambah energi. Bahkan, saking sibuk dengan aktivitas kuliah, banyak mahasiswa/i juga yang terkena sakit lambung karena telat makan.

 Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk berbisnis halal. Makanan yang kamu siapkan bisa diunggah melalui facebook atau WhatsApp agar menjangkau banyak orang. Harganya diatur sesuai pertimbangan anda sendiri. Anda juga bisa bekerja dalam tim dengan teman kuliahmu, khusunya yang menetap di kos yang sama. Semangat!

 Sertakan juga alamat nomor HP/WA agar pelanggan bisa mudah memesan makanan yang anda siapkan tersebut dan anda tentu wajib mengantarnya ke rumah pelanggan bersangkutan.

 Keempat, menjadi Blogger atau Youtuber.

Bagi mahasiswa yang pandai mengedit video, segeralah menjadi youtuber kreatif. Banyak sekali konten-konten yang dapat anda jadikan video pada youtubemu. Misalnya, tentang pariwisata, pendidikan, atau juga tentang budaya-budaya lokal di daerah tempat anda tinggal. Juga bisa buat video film pendek yang saat ini sangat diminati.

 Video yang anda tampilkan di youtube harus diedit secantik mungkin dan mesti berguna bagi penonton. Intinya ialah anda harus tekun dan membagi waktu kuliah dan berbisnis. Jika anda mendapat banyak pengunjung, segeralah mendaftarkan youtubemu ke google adsense.

 Selain youtuber, anda juga bisa menjadi blogger. Ini tentu khusus bagi mahasiswa yang suka menulis. Saat ini, banyak sekali orang yang berbisnis melalui blog. Intinya anda harus menulis dengan rajin, apalagi sebagai mahasiswa tentu anda punya minat dalam hal menulis cukup tnggi. Menulislah tentang apa saja yang berguna dan dibutuhkan oleh banyak orang di sekitarmu.

Admin.

1 comment for "Empat Macam Bisnis Kreatif Gaya Mahasiswa Zaman Now"