Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

SANTAPAN SABDA PEMBAPTISAN TUHAN

 Oleh P. Simeon Bera Muda, SVD

Ilustrasi Foto Oleh Erna Ruing

                    

 Ada kebiasaan di kebupaten Sikka yang sekarang tidak lagi yaitu: lotak wair artinya: menuangkan air di kepala orang yang dikasihi pada masa Prapaskah. Minum air itu sebenarnya mandikan kerongkongan supaya jangan kering, tidak haus.

 

Umat Allah dalam Kristus. Yesaya menyampaikan Sabda Tuhan bahwa Allah beri hujan dan salju supaya bumi jangan haus. Hujan juga memberi hasil panen supaya manusia dapat makan.

 

Hujan dan makanan itu Allah sendiri beri. Asal umat mau mengikat perjanjian yaitu terima dengan tinggalkan yang fasik yaitu yang jahat, lalu terus mencari Tuhan seperti hujan cari bumi dan buat bumi bersih dan subur. Demikian juga manusia akan menerima ampun dan menjalankan hidup dengan hasil melimpah.

 

Pemazmur memuji Allah yang memberi umat menimba air dengan gembira dari mata air yaitu dari Dia sendiri: Allah Israel, Yang Mahakudus. Allah Israel menerima semua bangsa seperti laut yang sangat luas menerima ikan. Allah memberi air untuk minum dan menyediakan banyak air supaya semua ikan bisa hidup di dalam laut itu.

 

Yohanes mempermandikan, membaptis semua orang dengan membenamkan seluruhnya ke dalam sungai Yordan. Air penuh di dalam diri manusia dan menjadi laut supaya manusia hidup di dalamnya. Dengan mempermandikan, membaptis itu, Allah bersihkan dosa dan sediakan air hidup untuk semua.

 

Demikian juga Yesus dibaptis oleh Yohanes. Yohanes dengan air tetapi Yesus membaptis dengan Roh Kudus. Yesus dibenamkan seluruhnya ke dalam air dan Yesus alami kesatuan hidup yang penuh dengan Roh Kudus dan dengan Bapa yang berkata di dalam Matius: “Inilah Anak yang Kukasihi”, suatu pemakluman, berita untuk semua.

 

Di dalam injil Markus dan Lukas Bapa berkata: “Engkaulah Anak yang Kukasihi”, suatu pelantikan resmi oleh Bapa. Yohanes dalam suratnya berkata bahwa ada tiga yang memberi kesaksian di bumi yakni Roh, air dan darah seperti dari lambung Yesus yang ditikam lalu keluar darah dan air. Dengan itu Allah melahirkan anak-anak Allah yang percaya, beriman yang mengalahkan dunia yaitu segala sesuatu yang melawan Allah.

 

Umat Allah dalam Kristus. Kita menerima pembaptisan seperti umat Perjanjian Lama, seperti Yohanes membaptis dan Yesus dibaptis. Kita dibaptis dari air yang keluar dari lambung Yesus. Maka pembaptisan Yesus adalah kesatuan Yesus dengan kita anak-anak Allah di dalam Yesus anak Allah yang Allah kasihi dan saudara-saudari Yesus yang dibaptis seperti Yesus.

 

Allah memberi kita Santapan Sabda supaya kita dibaptis oleh Yesus di dalam Roh Kudus. Maka kita yang sudah menjadi anak Allah dan saudara-saudari Yesus hendaknya bersama mencari Allah dan mencari sesama kita, lalu kita mengikat perjanjian dengan Allah.

 

Yesus yang dari lambung-Nya yang ditikam itu memberi kita air dan darah: Tubuh-Darah Yesus supaya kita yang mendapat nama Kristen waktu kita dibaptis dalam Nama Bapa, Putera dan Roh Kudus berusaha untuk menjadi anak Allah dan saudara-saudari Yesus.

******

 

 

Post a Comment for " SANTAPAN SABDA PEMBAPTISAN TUHAN"