Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Penulis Ini Copy Paste Cerpen Milik Ati D

 Oleh Rian Odel, admin blog rakatntt.com



Dalam dunia jurnalisme, tindakan mencuri, mencaplok atau lebih populer dikenal dengan sebutan plagiarisme sudah sering terjadi. Tindakan ini bisa berakibat hukum fatal. Sebab, seorang plagiator tidak beda dengan koruptor yang merampas barang orang lain.

Plagiarisme berasal dari kata bahasa latin yakni plagiarus. Kata ini berarti seseorang yang mencuri anak atau budak orang lain (Baca Yohanes Orong, 2016: 36). Salah satu jenis plagiat yakni Copy and paste. Tindakan ini dilakukan oleh plagiator dengan cara mengambil sebagian porsi teks dari tulisan orang lain kemudian disisipkan dalam tulisannya (Ibid.,37-38).

 

Tuhan Jatuh Hati di Kaki Uyelewun

Pada tahun 2020 yang baru saja pergi, Forum Kerukunan Umat Beragama Nusa Tenggara Timur (FKUB NTT) mengadakan lomba menulis cerita pendek dengan tema yang berkaitan dengan kerukunan umat beragama berbasis pada kearifan lokal orang NTT.

Anastasia Dulang atau biasa disebut Ati D, seorang Mahasiswi aktif pada FKIP Undana Kupang juga terlibat dalam kompetisi tersebut. Ia menulis cerpen dengan judul “Tuhan Jatuh Hati di Kaki Uyelewun.” Cerpen luar biasa yang ia tulis ini, pada akhirnya lolos seleksi dan dipilih dalam deretan sepuluh besar. Anastasia Dulang terpilih sebagai penulis cerpen terbaik ke empat atau juara harapan satu.

Cerpen tersebut kemudian ia terbitkan pada blog rianodel.online yang dikelola oleh rian odel. Saat ini, cerpen tersebut sudah dibaca oleh 1200-an orang. Namun, pada Kamis (04/02/2021) ada berita tak sedap tentang nasib cerpen tersebut.

Rian Odel (saya) membongkar om google dan menemukan bahwa cerpen  tersebut telah diterbitkan lagi pada media Kompasiana dengan judul dan semua cerita dalam cerpen sama. Seratus persen sama. Namun, anehnya, nama Anastasia Dulang tidak dicantumkan sebagai penulis cerpen. Ia juga tidak menjelaskan secara detail asal-usul tulisan tersebut. Pada bagian bawah cerpen, ia hanya menulis By Rian Odel Wala. 

Itu berarti cerpen tersebut, sungguh, ia ambil dari blog rianodel.online tanpa meminta izin pada penulisnya Ati D maupun admin blog. Saya kaget dan mengirim link kompasina tersebut kepada Anastasia Dulang. Ia pun kaget bahkan marah.

“Kurang ajar betul ini anak. Dia izin di sapa e. Belum tahu saya le. Injak,” ungkapnya lewat pesan Whatsapp kepada saya. Kami dua pun mulai mencari tahu; kira-kira siapa plagiator tersebut. 

Ya, ia disebut plagiator karena telah menerbitkan tulisan tersebut pada kompasiana tanpa meminta izin. Saya sendiri berusaha memberi komentar pada kolom komentar kompasiana. Namun, tidak bisa karena mesti mendaftarkan identitas saya terlebih dahulu pada kompasiana. Akhirnya, saya mendaftar dan berhasil.

Nama plagiator tersebut yakni Wan Dino. Anehnya, Ati D sendiri tidak mengenalnya, apalagi saya. Setelah meminta izin pada penulis buku puisi Nyanyian Lontar alias Ati D, saya menulis keprihatinan ini dalam artikel sederhana ini. Dengan tulisan ini, diharapkan agar kita bisa menjadi diri sendiri apalagi yang masih berstatus sebagai penulis pemula. Orisinalitas tulisan itu sangat dituntut. Bukan dengan cara curang dan instan. Ada aturan-aturan lain yang mesti kita taati jika mau mengutip tulisan orang lain bukan copy-paste.

Kebiasaan model ini harus dipangkas dalam dunia jurnalisme. Kita mesti belajar menjadi penulis yang otonom bukan untuk cari popularitas. Munkin saja maksud orang tersebut baik, tetapi langkah-langkahnya mesti sesuai dengan aturan jurnalisme yang sah. Kita juga mengharapkan agar kompasiana bisa menjadi rumah kritis agar tidak memproduksi orang malas baca dan tulis sebagai penulis pada kompasiana yang sudah sangat populer di Indonesia tercinta. Apalagi mengambil tulisan orang lain lalu terbit lagi pada kompasiana. Terimakasih, mari kita belajar pelan-pelan.

Sebagai referensi, silakan baca:

https://www.kompasiana.com/wandino2596/6018628c8ede4824f32eb8f2/tuhan-jatuh-hati-di-kaki-uyelewun-cerpen-anastasia-dulang?page=all



Post a Comment for "Penulis Ini Copy Paste Cerpen Milik Ati D"