Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Enam Tempat Wisata di Lembata, Wajib Kunjung!

Enam Tempat Wisata di Lembata, Wajib Kunjung!

Pantai Bean, Mingar, Waijarang, Lewolein, Wowong, air terjun Lodovavo

Pemandangan Pantai Bean, Kedang, Lembata




Bupati Lembata Eliazer Yentji Sunur dikenal sebagai sosok yang sangat berminat pada bidang pariwisata. Hal ini terlihat jelas pada visi-misinya yang menjadikan pariwisata sebagai Leading sector pembangunan.

Tentu visi-misi tersebut bertolak dari potensi alam pariwisata yang diiliki oleh kabupaten Lembata. Oleh karena itu, untuk memperjelas cerita ini, berikut ditampilkan enam tempat wisata di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur sebagai berikut:

Pertama, Pasir Putih Bean

Barangkali Anda pernah mendengar nama pantai bean? Ya, pantai ini merupakan sebuah aset wisata pantai yang sangat memesona. Selain jernihnya laut sawu yang biru nan segar, ada juga view menarik lainnya yakni hamparan pasir putih yang sangat panjang dan luas. Diperkirakan panjang pasir putih bean kurang-lebih 3 KM. Karena panjangnya pasir putih bean, konon pernah dijadikan sebagai tempat untuk pacuan kuda oleh masyarakat setempat.

Pantai ini terdapat di Desa Bean, Kecamatan Buyasuri, Lembata. Walaupun view-nya sangat menarik tetapi akses infrastruktur ke lokasi tersebut terbilang masih sangat parah, khususnya akses jalan. Pada musim hujan, biasanya jalan penuh becek. Karena itu, bagi Anda yang mau berkunjung, siapkan mentalmu baik-baik.

Kedua, Pantai Lewolein

Mendengar nama Lewolein bagi orang Lembata bukan informasi baru. Selain dikenal ketupat lewolein, juga disana ada keindahan pemandangan alamnya yang memanjakan mata. Pantai ini bisa dijangkau secara mudah karena letaknya tepat di painggir jalan dari Kota Lewoleba menuju Kedang di sebelah timur Lembata.

Di sana, Anda akan menemukan keindahan pasir putih, pesona laut dengan ombaknya yang tenang, juga ada gunung ile lewotolok menjulang megah di hadapan Anda. Pemandangan menarik lainnya tentu kuliner lokal yang disiapkan oleh orang Lewolein. Ada ikan goreng dan ketupat juga tuak dan lain-lain. Juga jangan lupa, Anda juga akan melihat langsung indahnya ujung tanjung baja di bagian timur dan nuha nera di bagian barat.

Pantai Lewolein terdapat di Desa Dikesare, Kecamatan Lebatukan, Lembata.

Ketiga, Pantai Waijarang

Akses menuju pantai ini cukup mudah karena letaknya tidak jauh dari pusat kota Lewoleba. Selain indahnya laut dengan warna yang jernih juga pasir putih, Anda juga mendapatkan bonus lainnya yakni gunung boleng yang berdiri di seberang pulau yakni di Adonara.

Tak jauh dari situ, Anda juga akan menemukan istana bupati Lembata yakni Kumaresort yang menawarkan pemandangan indah lainnya bagi pengunjung. Pantai ini terletak di Desa Waijarang, Kecamatan Nubatukan, Lembata.

Keempat, Pantai Mingar

Sekitar 20 KM dari pusat lewoleba, Anda akan sampai di pantai mingar; pantai dengan kekhasan pasir putih dan pohon pandan yang berjejeran di sepanjang pantai. Selain itu, Anda juga akan ditawarkan dengan pemandangan laut sawu dengan ombaknya yang cukup ganas. Di sana, ada juga tumbuhan atau pohon natu, salah satu jenis tumbuhan langka yang ada di Lembata.

Saat ini, pantai mingar sudah ditata lebih modern oleh pemerintah Desa setempat. Di sana ada lapangan bola volley, juga ada lopo yang disiapkan bagi kenyamanan pengunjung. Tersedia juga toilet bagi kebutuhan para wisatawan. Pantai ini, ada di Mingar, Desa Pasir Putih, Kecamatan Nagawutung.

Kelima, Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Air terjun alami ini selain sebagai tempat wisata alam, ia juga sebagai sumber kehidupan karena menyediakan kebutuhan air bersih bagi masyarakat sekitar. Anda akan menikmati juga udara yang segar dan pepohonan sejuk. Ini sangat cocok bagi siapa saja yang ingin mencari inspirasi atau untuk rekreasi bagi orang-orang yang super sibuk bekerja sepanjang minggu.

Ke enam, Pantai Wowong

Pantai wowong (wowon) terdapat di Desa Wowong, Kecamatan Omesuri, Lembata. Di sana, Anda akan menikmati deruh gelombang laut sawu, juga ada pemandangan kepulauan alor – ada pulau rusa dan kambing – juga ada pasir putih bersih dan banyak pohon pandan.

Pantai ini sangat potensial di bidang pariwisata. Namun, saat ini belum mendapatkan campur tangan serius dari pemerintah. Karena itu, Pantai wowong masih alami dan gratis bagi para pengunjung.

 

Post a Comment for "Enam Tempat Wisata di Lembata, Wajib Kunjung!"