Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Obat Tradisional untuk Batuk, Asam Lambung dan Demam

Obat Tradisional untuk Batuk, Asam Lambung dan Demam

Menghadapi situasi yang semakin modern, ada banyak sekali orang-orang yang hampir lupa dengan hal-hal yang berbau tradisional, salah satunya obat-obatan tradisional. Ketika sakit, kita lebih sering mengandalkan tenaga dan peralatan medis.

Tidak salah jika demikian, setiap kita membutuhkan penyembuhan dari sakit yang kita alami dan kepada mereka yang adalah tangan-tangan terlatih tersebutlah yang mesti menjadi tempat untuk kita menyampaikan permasalahan penyakit yang sedang kita alami dan membutuhkan pengobatan.

Di sisi lain, banyak masyarakat kampung, termasuk saya sendiri, masih mengandalkan obat tradisional sebagai senjata yang paling ampuh ketika sakit. Selain tidak berbahan kimia, obat tradisional juga lebih mudah kita temukan di daerah kita terkhusus untuk kita yang tinggal di kampung.

Berikut adalah beberapa daftar obat-obatan tradisonal yang wajib kamu ketahui dan bisa kamu jadikan senjata yang ampuh ketika sakit.

Daun Kapok

Sebagai orang kampung, pohon kapok tentu bukanlah pohon yang asing bagi kita, buah dari pohon ini biasanya di gunakan untuk membuat bantal dan kasur. Selain itu, pohon kapok juga terkenal memiliki khasiat untuk menurunkan panas ketika sakit demam.

Daun dan juga kulit dari pohon ini bisa kita rebus menggunakan air hingga mendidih, setelah mendidih, angkat dan biarkan hangat atau dingin baru air rebusan tersebut kita minum. Di kampung saya pohon ini adalah salah satu pohon yang masih ramai dilestarikan oleh masyarakat setempat karena khasiatnya yang luar biasa.

Kulit damar dan kemiri

Tahukah kamu kulit dari tumbuhan damar merupakan obat yang ampuh untuk mengobati  batuk. Selain itu tumbuhan ini juga dapat dengan mudah kita temui pada lingkungan tempat tinggal kita.

Cara menggunakannya dapat kita lakukan dengan mengambil kulit dari pohon damar, kemudian dipanggang pada api, biarkan agar sedikit layu, lalu di rebus bersama kemiri yang sudah di sangrai, biarkan hingga mendidih, angkat, dinginkan dan minum.

Penyambung Nyawa

Sama seperti nama dari tumbuhan ini, obat penyambung nyawa dikenal sebagai obat yang ampuh untuk penyakit lambung. Biasanya obat ini tumbuh pada tempat-tempat yang memiliki banyak air.

Cara pengobatannya yaitu dengan mengambil 7 atau 9 atau angka  ganjil lainnya, cuci sampai bersih dan diramas menggunakan air, setelah mengental, saring dan minum airnya.

Demikian beberapa daftar obat tradisional yang bisa kamu gunakan ketika sakit. Mari memperdayakan lingkungan sekitar sebagai senjata ketika kantong menipis dan juga transportasi ke rumah sakit terbilang jauh. Selamat mencoba. 

 

 

 

Post a Comment for "Obat Tradisional untuk Batuk, Asam Lambung dan Demam"