Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tubuh-Darah Kristus Menjadi Tubuh-Darah Kita.

Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero – PPKKS (Pusat Pelayanan Kerasulan Kitab Suci) Provinsi SVD Ende. P. Simeon Bera Muda, SVD

SANTAPAN SABDA TUBUH-DARAH KRISTUS TAHUN B

Tema: Tubuh-Darah Kristus Menjadi tubuh-darah kita.

Dalam acara-acara pesta sering pembawa acara mengumumkan: “Sesudah kita ma-mi sekarang kita pa-pi”. Artinya sesudah kita makan minum sekarang kita patah pinggang yaitu menari.



Umat Allah dalam Kristus. Selama bangsa Israel berada di padang gurun empat puluh tahun, karena tidak ada makanan dan minuman maka Allah beri mereka air. Allah juga beri mereka makan manna, makanan yang turun dari langit yang bangsa Israel tidak kenal maka mereka tanya: “Man hu” artinya “apa itu´lalu menjadi manna.

Allah juga beri mereka burung puyuh. Degan memberi makan dan minum artinya beri hidup, Allah juga membuat perjanjian yaitu memberi Sepuluh Hukum dan peneguhan bahwa Israel adalah bangsa pilihan Allah. Perjanjian dan pemilihan itu Allah lakukan dengan darah. Untuk Israel, hidup ada di dalam darah. Perjanjian itu diikat di dalam darah.

Itu berarti bangsa Israel makan-minum darah, menerima hidup di dalam diri mereka. Jadi kalau tidak setia pada perjanjian dan pemilihan itu maka Israel kehilangan hidup yaitu mati seperti kalau darah habis maka mati.

Pemazmur bersyukur kepada Tuhan karena Allah beri makan umat-Nya, Allah membuat berharga kematian para kekasih Allah yaitu Allah tidak membiarkan mereka mati melainkan memberi hidup dan mengikat perjanjian hidup.

Israel selalu bersyukur kepada Tuhan dan mau menepati nadar yaitu janji untuk selalu setia kepada Allah yang memberi makanan dan minuman juga beri perjanjian dan meneguhkan pemilihan yang memberi hidup itu.

Markus seperti juga Matius dan Lukas menceriterakan bagaimana Yesus merayakan Perjamuan Terakhir yang adalah Paskah Yahudi. Yesus bersama para murid makan anak domba seperti dilakukan bangsa Israel yang menamakan diri Ibrani yang artinya budak di tanah asing lakukan sebelum meninggalkan Mesir dan terus diperingati setiap tahun.  Yesus juga merayakan Paskah Perjanjian Baru karena Yesus memberi roti yang adalah Tubuh Yesus dan anggur yang adalah Darah Yesus.

Dengan memberi Tubuh-Darah Yesus menjadi makanan, Yesus tunjukkan persatuan yang mendalam. Seperti roti menjadi satu denga badan manusia dan darah anggur menjadi darah manusia maka semua orang yang menerima roti dan anggur, menerima Tubuh-Darah Yesus sendiri dan bersatu dengan Yesus karena roti Tubuh Yesus menjadi tubuh manusia dan anggur Darah Yesus menjadi darah manusia.

Surat Ibrani menunjukkan bahwa Yesus sebagai Imam Agung masuk kemah suci dan satu kali mempersembahkan Diri Yesus sendiri di dalam Roh yang menghasilkan pegudusan manusia yang najis  dan berdosa sehingga semua manusia mendapat perjanjian dan pemilihan. Manusia tidak lagi mengalami perbudakan Mesir dan perbudakan dosa melainkan menerima hidup di dalam perjanjian dan pemilihan yang Israel ikut dengan setia sebab dengan itu Israel hidup.

Umat Allah dalam Kristus. Setiap kali kita merayakan Ekaristi, Allah memberi kita Santapan Sabda, makanan yang berasal dari hati dan mulut Allah sendiri. Santapan Sabda yang kita terima hari ini berupa sabda perjanjian dan sabda pemilihan. Allah membuat kita hidup dalam perjanjian dan pemilihan itu. Yesus, Imam Agung yang mempersembahkan diri memberi kita Santapan Tubuh-Darah Yesus sendiri.

Kita menerima roti Tubuh Yesus dan anggur darah Yesus yang menjadi tubuh dan darah kita. Persatuan kita dengan Yesus membawa kita kepada persatuan dengan semua saudara-saudari yang menerima Tubuh-Darah Yesus, juga dengan saudara-saudari kita yang tidak sempat merayakan Ekaristi bahkan juga dengan mereka yang belum atau tidak mau menerima hidup yang bersatu dengan Kristus.

Kita bersatu dengan Yesus bahkan Yesus membuat diri kita serupa Yesus, daging dan darah Yesus sendiri sehingga kita hendaknya hidup dengan badan dan jiwa kita yang terus dalam usaha menjadi serupa dengan Yesus.

Kita juga berusaha supaya semua saudara saudari kita mengalami hidup dalam kesatuan dengan Yesus dan tetap berusaha  menjadi serupa dengan Yesus karena Tubuh Yesus menjadi tubuh kita dan Darah Yesus menjadi darah kita.

 

Post a Comment for "Tubuh-Darah Kristus Menjadi Tubuh-Darah Kita."