Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Sambut BKSN 2021 dan HUT ke-20, STIPAS Kupang Gelar Perlombaan



Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang, NTT menggelar beberapa perlombaan dalam rangka meriarayakan Bulan Kitab Suci Nasional ( BKSN ) serta menyongsong Hari Ulang Tahun Kampus STIPAS Kupang yang ke-20. Kegiatan ini diawali dengan seremonial Pembukaan yang berlangsung secara baik di ruangan Aula STIPAS KAK pada Jumat, 23 September 2021.

Kegiatan ini dijalankan dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena masih dalam situasi Covid-19. Hadir langsung dalam kegiatan seremonial pembukaan  RD. Emanuel B. S. Kase, S.Fil, MM selaku Ketua Sekolah Tinggi Pastoral Keuskupan Agung Kupang ditemani oleh Ibu Waket III bidang  Kemahasiswaan Ibu Emilana Dolorosa Taek, S.Ag, MM  serta utusan dari para mahasiswa sekitar 50 orang untuk mengurangi kerumunan. Kegiatan ini berlangsung tepat pukul 15.00 WITA–selesai.

Romo Emanuel B. S. Kase Selaku Ketua Sekolah dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan tema inovatif dan kreatif di masa pandemi untuk menciptakan merdeka belajar menuju kampus merdeka. Pada dasarnya tema ini dipilih untuk menunjukan bahwa walaupun kita  masih dalam situasi Pandemi Covid 19 tetapi kita perlu  keluar dari zona nyaman itu untuk  lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan talenta yang kita miliki. Ia juga menegaskan bahwa ada hal yang sangat penting yang menjadi pusat perhatian Lembaga STIPAS KAK yakni perkembangan kognitif dari setiap Mahasiswa/mahasiswi.

Oleh karena itu,  diadakan perlombaan yang berkaitan dengan aspek pengetahuan yakni Lomba menulis Karya Ilmiah, Debat Ilmiah, dan lain sebagainya. Harapan besar Romo dengan adanya perlombaan ini dapat membuka wawasan mahasiswa/mahasiswi STIPAS KAK di bidang pengetahuan agar mampu untuk menganalisis suatu masalah dengan baik dan bisa menulis dengan menggunakan formulasi kalimat dengan baik dan benar.

Romo juga sangat mengharapkan agar semua mahasiswa/mahasiswi bisa berpartisipasi aktif untuk mengambil bagian dalam kegiatan ini. Ia juga menegaskan bahwa partisipasi dari semua insan Civitas Akademika STIPAS KAK sangat diharapkan untuk menyukseskan kegiatan ini. Dalam pesan terakhirnya, Romo Eman sapaan akrabnya menegaskan bahwa bukan juara yang dicari  melainkan  untuk memupuk rasa persaudaraan sebagai satu keluarga dalam kasih STIPAS KAK dan juga untuk  meningkatkan kemampuan intelektual atau pengetahuan yang dimiliki.

Ibu Emilia Dolorosa Taek, S.Ag, MM selaku Waket III bidang Kemahasiswaan dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan diadaknnya kegiatan perlombaan ini untuk meriarayakan BKSN 2021 meskipun hampir selesai tetapi masih punya kesempatan untuk meriarayakannya.

Ia juga menegaskan bahwa selain membaca Kitab Suci, merenungkanya serta mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa atau calon Katekis perlu untuk mempersiapkan diri menjadi agen-agen Pastoral yang handal, kreatif dan inovatif di tengah masyarakat dan di tengah umat. Melalui keterampilan, dan bakat yang mereka miliki bisa dikreasikan dengan berbagai kegiatan baik kegiatan seni, olahraga, budaya, seni suara dan lain sebagainya.

Ia juga membeberkan beberapa kegiatan dalam menyongsong Ulang Tahun Kampus STIPAS KUPANG yang ke 20 pada tanggal 6 November 2021. Mahasiswa meriarayakannya dengan kegiatan Akademik diantaranya karya ilmiah, cerpen, puisi dan lain sebagainya. Ini sebagai bentuk apresiasi mereka dalam menyambut ulang tahun Kampus yang ke 20. Ibu Emi sapaan akrabnya dalam pesan terakhirnya menegaskan bahwa ada  nilai yang dipetik dari kegiatan perlombaan ini yakni kebersamaan, kekeluargaan sebagai satu civitas Akademika dan juga satu keluarga besar dalam menyambut hari-hari besar sebagai orang Katolik, orang kristiani serta merayakan  hari kelahiran STIPAS yang ke 20.

Adapun nilai-nilai yang lain yakni untuk pengembangan karakter, pengembangan keterampilan, pengembangan pengetahuan, pengembangan aspek kognitif dan psikomotorik dari mahasiswa/ mahasiswi itu sendiri, ungkapnya.

(Reporter adalah mahasiswa STIPAS KAK tingkat IV atas nama Nardi Tamal Apeutung). 

Post a Comment for "Sambut BKSN 2021 dan HUT ke-20, STIPAS Kupang Gelar Perlombaan"