Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pater Paskalis P. H. Leuwayan, SVD, Rayakan Misa Perdana di Aliuroba Kedang



Imam Katolik, Pater Paskalis Pratama Hemad, SVD, pada Selasa, 5 Oktober 2021, dijemput oleh umat stasi Maria imaculata Panama, Buyasuri, Kabupaten Lembata dan dihantar ke gereja Maria Pembantu Aliuroba dekenat Lembata untuk mempersembahkan misa perdana bersama umat paroki Maria pembantu Abadi Aliuroba.

Imam baru diterima oleh pastor Paroki Aliuroba, dewan pastoral stasi Aliuroba, dewan pastoral paroki Aliuroba dan umat. Imam baru bersama umat melakukan ibadat bersama, setelah itu, imam  baru dihantar ke kampung Peumole, diterima secara adat budaya Kedang.

Acara kebersamaan imam baru dan seluruh keluarga besar suku Leuwayan, mengusung tema "ote koda Rodan ude' ole wade’ wuan sue tein peting lota' dewa' howe Mawu".

Acara kebersamaan dalam suasana penuh kekeluargaan untuk mendukung perjalanan imam baru dimeriahkan oleh grup qasidah dari Masjid Peumole desa Benihading Il.

Pater Paskalis Pratama Hemad Leuwayan, SVD ditabiskan hari Sabtu, 2 Oktober 2021 di Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero oleh uskup Mgr Ewaldus Martinus Sedu, Pr. Hari Rabu 6 Oktober 2021, pater Paskalis mempersembahkan misa perdana di gereja paroki Santa Maria Pembantu Abadi Aliuroba Kedang.

Imam baru didamping imam konselebran yaitu Romo Antonius Kia Uba,Pr (pastor paroki Aliuroba Kedang), Pater Simeon Bera Muda,SVD, dosen Kitab Suci SekolahTinggi Filsafat Katolik Ledalero, Romo Pius Laba Buri,Pr (Pastor paroki Lerek dekenat Lembata), pater Mikael Bernardus Emi,SVD (pastor rekan paroki Arnoldus Jansen Waikomo),pater Fransiskus Laka ,SVD (Imam asal paroki Maria pembantu Abadi Aliuroba yang sekarang bermisi di Negara Polandia) pater Kornelis Libu Soge,SVD (imam asal pulau solor yang akan bermisi di Papua).

Perayaan misa dimeriahkan oleh koor dari SMU Negri Buyasuri. Pater Simeon dalam kotbahnya mengajak imam baru dan seluruh umat menghayati motto tabisan pater paskalis "carilah dahulu kerajaan Allah, maka yang lain akan ditambahkan kepada mu (mat ,6:33).”

Setelah perayaan ekarisi, sebagai ungkapan syukur dilaksanakan acara santap bersama. Pada acara santap bersama, ibu Marta Meti kodi, ibu kandung dari pater paskalis membawakan sambutan mewakili keluarga. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa sebagai seorang ibu, ia selalu mendukung pater Paskalis dalam menapaki jejak panggilannya menuju imamat dan berharap pater Paskalis tetap setia pada panggilan dan mengajak seluruh umat, keluarga besar suku Leuwayan untuk mendukung karya pelayanan pater Paskalis  lewat doa.

Hadir dalam acara resepsi ini, para imam konselebran, bapak  Emanuel Mani Leutubung (ketua Dewan paroki Maria pembantu Abadi Aliuroba) bersama badan penggurus DPP, camat Buyasuri, kapolsek Buyasuri bersama Anggota dan para undangan. Dalam sambutannya, imam baru menyampaikan ucapan terimakasih kepada pastor paroki aliuroba, ketua dewan paroki Aliuroba,dan semua pihak yang dengan caranya masing-masing telah menerima dia untuk merayakan ekaristi di gereja Paroki Maria Pembantu Abadi aliuroba dan mengajak seluruh umat untuk saling mendoakan. (Ditulis oleh Guido Tua Lobemato)



Profil Pater Paskalis

Lahir : Waingapu, 18 April 1992

Anak pertama dari 3 bersaudara

Bapa  : Nicolaus Leuwayan

Mama : Martha Meti Kodi

Adik   : Hendrikus Dwi Putra Moy Leuwayan

            Maria Murni Leuwayan

Asal Paroki : Maria Bunda Selalu Menolong, Kambajawa, Waingapu

1997 - 1998 : TKK Andaluri, Waingapu

1998 - 2004  : SDK Andaluri, Waingapu

2004 - 2007 : SMP Seminari Sinar Buana, Weetabula

2007 - 2010 : SMA Seminari Sinar Buana, Weetebula

2010 - 2012 : Novisiat St. Yosep Nenuk, Atambua

22 Agustus 2010    : Terima jubah di Novisiat Nenuk

15 Agustus 2012    : Kaul Pertama di Novisiat Nenuk

2012 - 2016           : Studi Filsafat di STFK Ledalero, Maumere

2016 - 2017           : TOP di SMAK St. Ignasius Loyola, Labuan Bajo

29 April 2017         : Wisuda Sarjana Filsafat di Ledalero

15 Agustus 2018    : Kaul Kekal di Ledalero

2018 - 2020            : Studi Teologi Kontekstual di STFK Ledalero, Maumere

2020 - 2021            : TOP II di Paroki Salvatoris Resurgentis, Boba - Ngada 

05 Juli 2021          : Tahbisan diakon di Ledalero

Juli – Oktober 2021         : Praktek diakon di Paroki St. Thomas Morus Maumere

02 Oktober 2021    : Tahbisan imam di Ledalero.


 

Post a Comment for "Pater Paskalis P. H. Leuwayan, SVD, Rayakan Misa Perdana di Aliuroba Kedang"