Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Forum Orang Muda Desa Wureh, Flotim, Aktif Kembali

 


RAKATNTT.COM, FLOTIM - Orang muda adalah aset paling penting yang harus dimiliki oleh sebuah desa. Peran orang muda menjadi tolak ukur dalam kemajuan pembangunan yang ada di desa. Berbicara tentang kemajuan, orang muda tidak hanya mengandalkan kerja keras tapi mempunyai pola pikir dan mental yang siap untuk dibentuk. Orang muda tidak hanya mencintai kesibukannya sendiri, tetapi orang muda diharapkan untuk hidup dalam sebuah organisasi.

Salah satu organisasi yang membentuk karakter dan mental orang muda adalah forum orang muda. Sejak tahun 2018, Forum Orang Muda di desa Wureh, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur dibentuk. Ada beberapa kegiatan yang dibuat dalam kaitan pembetukan karakter dan mental kaum muda, tetapi dalam perjalanan seiring wabah Covid-19 yang menggema di kabupaten Flores Timur dan bahkan dunia, dengan sejumlah pembatasan membuat keaktifan orang muda dalam berorganisasi menurun. Forum Orang Muda di desa Wureh, terlihat hidup segan mati tak mau.

Melihat kondisi ini, pemerintah desa Wureh mengambil sikap yang sangat baik untuk mengaktifkan kembali organisasi orang muda yang ada di desa. Forum Orang Muda Desa Wureh, begitu nama ini terdengar setelah pertemuan singkat yang dipimpin langsung oleh Bapak Yosep Laba Fernandez selaku kepala desa Wureh dan Bapak Florianus Selan Karwayu selaku sekretaris desa Wureh  pada hari kamis, tanggal 04 november 2021. Forum orang muda desa Wureh ini mewadai dua organisasi gereja dan pemerintah, yaitu Orang Muda Katolik yang disingkat dengan OMK dan Karang Taruna.

Organisasi Forum Orang Muda sebagai payung untuk mewadai dua organisasi yang ada. Kenapa demikian? Karena bagi orang muda di desa Wureh gereja dan pemerintah adalah bagian dari keberlangsungan hidup seorang anak muda di desa. Sehingga kepengurusan dalam organisasi orang muda hanya memiliki satu kepengurusan, meskipun memiliki dua wadah organisasi. Setelah diskusi singkat terbentuklah kepengurusan Forum Orang Muda yang baru dengan daftar kepengurusan sebagai berikut:

          -Ketua            : Sabinus Bernadus Was

          -Wakil Ketua : Benediktus Beda Are

          -Sekretaris      : Lusia Astuti Karwayu

          -Bendahara     : Yohana Somi Are

Dengan empat seksi yang bergerak dalam Forum Orang Muda ini, diantaranya:

          -Seksi Seni dan Budaya : Paulus Pai Sakera dan Maria Andika Fernandez

          -Seksi Usaha Dana         : Antonius Dua Sakera dan Sesilia Renda Samon

          -Seksi Kerohanian          : Yohanes Jon Helan dan Maria Yosefina Edel Was

          -Seksi Olahraga              : Hendrikus Assan dan Bernadinus Sakera

 

Sebagai organisasi muda, Forum Orang Muda desa Wureh juga tidak terlepas dalam pengawasan pemerintah desa. Bapak Yosep Laba Fernandez dalam pertemuan singkat bersama orang muda dipercayakan sebagai Pembina untuk organisasi orang muda yang ada di desa.



Dalam pertemuan ini, orang muda tidak hanya membahas tentang kepengurusan Forum Orang Muda, tetapi ada begitu banyak program pemerintah yang menjadi tanggung jawab orang muda, salah satunya pengelolahan taman pante yang kurang lebih 80% dibangun. Orang muda berperan penting dalam pengelolaan pariwisata yang ada di desa. Ini adalah salah satu asset kemajuan perekonomian yang ada di desa Wureh, orang muda secara langsung menjadi agen perubahan yang ada di desa. (A Karwayu).

 

 

Post a Comment for "Forum Orang Muda Desa Wureh, Flotim, Aktif Kembali"