Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Masyarakat Desa Lewoeleng Adakan Ritual Adat Akhir Tahun



RAKATNTT.COM - Bertempat di Namang (tempat berkumpul ketika melakukan ritual adat), pada Kamis (30/12/21), masyarakat desa Lewoeleng, Kecamatan Lebatukan, Lembata, mengadakan ritual adat tutup tahun. Kegiatan ini dilaksanakan setiap akhir tahun tepatnya pada tanggal 30 Desember sebagai ungkapan syukur dan memohon berkat serta perlindungan dari Tuhan Allah Semesta Alam, Ama Lera Wulan-Ina Tanah Ekan sebagai Wujud Tertinggi.

Ritual adat ini digagas oleh pemerintah desa bersama para tokoh adat kampung Lewoeleng sebagai proses rekonsiliasi atau pemulihan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan dirinya sendiri, dengan sesama dan dengan alam semesta.

Ritual adat dilangsungkan di Namang, sebagai tempat yang disakralkan sejak dahulu oleh para Leluhur; letaknya di tengah kampung. Acara ini dihadiri oleh seluruh warga masyarakat desa, dari orang dewasa hingga anak-anak.

Dalam proses ritual tersebut, masing-masing orang duduk bersama rumpun sukunya di satu batu besar yang disebut Nobo. Ada enam Nobo yang letaknya mengelilingi Namang. Nobo tersebut dimiliki oleh masing-masing suku yakni Suku Tanah Maing, Baolangu, Atawolo, Raring, Langotukan dan Kowalolong.

Kepala desa, Bapak Markus Corsini Raring, dalam sambutannya, menegaskan bahwa kegiatan ini mesti dilaksanakan dengan penuh kesadaran karena ini adalah bentuk internalisasi atau pemurnian diri. 

"Ritual ini mesti menjadi momen sakral, ritual ini mesti dihadiri dengan hati yang tulus, pikiran yang jernih dan budi yang arif. Kegiatan ini dikhususkan, dijaga dan dirawat bersama oleh generasi penerus, kita menolak lupa," ungkapnya.

Beliau juga akan memenuhi janji  bersama-sama masyarakat desa di bawah pimpinannya akan merawat nilai-nilai luhur yang diserukan dan diwariskan oleh pendahulu.

Selain itu, Paulus Lewu, sebagai mantan penjabat Kepala Desa yang menggagaskan kegiatan ini, dalam sambutannya berharap agar kedepannya lebih bagus sehingga kerja keras, harapan dan cita-cita warga desa direstui oleh Tuhan dan Lewotanah.

"Semoga kedepannya kegiatan ini terus dilaksanakan, agar apa yang kita harapkan bersama, semua kerja, usaha dan cita-cita kita direstui oleh Tuhan dan Lewotanah" ungkapnya. (*wualolomg) 

Post a Comment for "Masyarakat Desa Lewoeleng Adakan Ritual Adat Akhir Tahun"