Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ditinggal Suami, Elisabeth Jual Sirih Pinang untuk Sambung Hidup



RAKATNTT.COM – Sudah 8 tahun lamanya, Elisabeth, Warga Desa Peusawa, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, ditinggal pergi sang suami. Walaupun demikian, ia tak putus asa total. Untuk melanjutkan langkah hidupnya, Elisabeth memilih menjadi penjual sirih pinang dan beberapa jenis buah-buahan seperti pisang, alvokad dan lain-lain. Suaminya sudah meninggal dunia, tapi rasa cinta mereka tetap erat terikat.

Menjadi penjual sirih ping itu tidak mudah. Elisabeth harus memesan pada orang pertama yang menjadi pemilik sirih pinang, lalu kemudian ia beli dan menjualnya lagi kepada konsumen di pasar-pasar rakyat di dua wilayah kecamatan di Kabupaten Lembata yakni Omesuri dan Buyasuri. Ditemui di pasar Balauring, Sabtu (19/3), Elisabeth tampak ramah melayani para pembeli. Dengan berpenampilan sederhana, ia menyapa mereka dengan penuh totalitas diri dalam pelayanan. Menurutnya, tantangan terbesar yang ia hadapi yakni ketika barang jualannya tidak menarik minat pembeli.

“Saya merasa tantangan besar kalau orang tidak beli sirih piang. Terpaksa saya bawa pulang dan kalau rusak berarti saya rugi,” ungkapnya. Tarif transportasi dari alamat rumah menuju pasar Balauring cukup mahal; kendaraan roda dua dengan harga 20 ribu; roda empat dengan harga 10 ribu. Karena itu, ia mesti berusaha agar bisa mendapatkan penghasilan di atas 50 ribu agar ada keuntungan yang diperoleh, biarpun hanya sedikit.

Walaupun penghasilan terbilang kecil, usaha dan kerja keras Elisabeth di pasar tak pernah macet. Gerimis hujan tak melunturkan semangatnya untuk terus berjualan. Walau hanya beberapa rupiah yang diperoleh, intinya adalah usahanya halal; ia bukan mencari keuntungan lewat mencuri atau korupsi layaknya para pejabat yang duduk di kursi elit. Itulah Elisabeth, mengadu nasib di pasar dengan menjual sirih pinang. Dari Elisabeth, kita memetik nilai perjuangan dan ketulusan dalam menjalankan roda kehidupan kita masing-masing. (Admin)

Post a Comment for "Ditinggal Suami, Elisabeth Jual Sirih Pinang untuk Sambung Hidup"