Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Manjakan Lidah dan Mata di Bibir Pantai Nusantara Wowong

Sumber Foto: Facebook Dhyand Ahmad


Minggu (27/03/2022) adalah akhir momen mencicipi kuliner khas pantai sapa Nusantara, di Desa Wowong, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata. Sebab ahad depan tentunya bagi ummat muslim akan melakukan ritual puasa Ramadhan 1443 Hijriyah, tepatnya tanggal 2 april 2022 mendatang.

 

Di pantai eksotik dengan ombak pantai yang meliuk ganas, tambat perahu nelayan terayun-ayun oleh irama hempasan irama laut pantai selatan, lautan manusia ingin menghabiskan waktu libur bersusun ubun, memadati pelataran teduh di bawah pohon akasia. Berjubel para remaja dengan kostum fariasi, anak-anak dengan bayaran pelampung mencebur dinginnya laut, para lansia tak kalah heroik menjajakan tumit di pasir putih nan indah, dengan latar beberapa onggokan pulau Alor berjejer sejauh mata memandang.

 

Kehadiran para wisatawan lokal bedatangan hingga bakda dzuhur, arus mudik pengunjung yang begitu padat, menambah hawa panas musim penghujung petik patah. Nampak kapling yang telah dicanangkan Pemdes Wowong, dari arena bermain, TPI, kuliner, sembako hingga tempat parkir diatur apik, sehingga tak ditemukan kesemrawutan arus keluar masuk pengunjung. Ada yang merayakan Ultah dan hajatan lain terjadi di tempat itu penuh keragaman aktivitas para penikmat pantai sapa Nusantara.

 

Yang sulit terlupakan oleh pengunjung adalah ciri khas kuliner manjakan lidah, bersusun rapi di meja area jualan. Tinggal merogo kantong dan kelezatan terbalas puas oleh suguhan para pengais rejeki. Anyaman daun kelapa puan berisi beras (ketupat) dengan paduan santan, juga lilitan benang/rafia berbentuk panjang berisi tumisan beras dan bumbu dapur (kaleso), ditambah cita rasa ikan bakar segar dengan porsi yang cukup mampu dibeli dari seluruh kalangan. Tambahan kelapa muda dengan daging kenyal tergigit dengan harga sesuai ukuran tersedia, sebagai pengganti cairan tubuh yang terkuras oleh teriknya matahari. Sambal tomat dan kemangi lalapan ala leluhur, jagung titi serta aneka sayuran tersedia di tempat ini.

 

Dalam komunikasi bersama pemilik cafe Astribahy Susanto Kopong Ola, di samping Puskesmas Wairiang Buyasuri. Beliau mengapresiasi gerakan sang Kades Jubir Latif Leki, S.Pd dalam menambah pundi-pundi PAD, dan mendongkrak ekonomi berbasis kerakyatan yang dimulai sejak menjadi sekretaris Desa, membuat lelaki Adonara berwajah tampan yang telah lama menjadi warga Buyasuri tersebut, berkeinginan untuk ekspansi paralel cafe Astribahy di Desa Wowong, yang rencananya membuka dengan berbagai aksesoris tambahan, seperti studio ekspres, karokean, FC dan lain-lain.

 

Mari bersama relaksasi pikiran dari kebuntuan, refresh hati dari kekalutan di Pantai Sapa Nusantara (PANTARA) Desa Wowong. Ajaklah istri anda, keluarga anda serta pacar anda. Anda tak mengenal Kedang secara menyeluruh bila belum merasa ademnya PANTARA. Mari berduyun-duyun ke sana biar menjadi cerita media, bahwa anda pernah bersemedi dan jatuh cinta di sana, cinta dengan pantainya, ramah warganya dan lezat kulinernya.

 

 

Sudarjo Abd Hamid

Penulis Buku Goresan Syair Dari Negeri Ikan Paus.

Post a Comment for "Manjakan Lidah dan Mata di Bibir Pantai Nusantara Wowong "