Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

5 Tempat di Kedang Lembata yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan saat Ramadhan

Jeti Balauring


RAKATNTT.COM – Bulan suci Ramadhan bagi umat Islam adalah saat-saat berahmad, penuh berkah dan waktu sunyi untuk meningkatkan amal, baik itu melalui doa maupun aksi nyata. Umat Islam diarahkan untuk menyiapkan jiwa dan raga secara total untuk menunaikan Ramadhan. Mereka akan berpuasa, khususnya membatasi diri menikmati makanan yang masuk ke tubuh.

Tentunya, pada masa ini, kebanyakan umat Islam, barangkali lebih memilih untuk tenangkan diri di rumah. Namun, tidak salah juga, jika mengisi bulan Ramadhan untuk menikmati alam bebas bersama keluarga, kekasih hati, sahabat kenalan dan lain-lain. Sebab, alam yang indah akan memberi kesejukkan tersendiri bagi mereka yang sedang berpuasa. Berikut 5 tempat liburan  yang layak pada bulan Ramadhan bagi umat Islam di Kedang, Lembata, NTT.

1. Jeti Balauring

Jeti Balauring menjadi destinasi alam yang indah juga tempat layak untuk liburan pada bulan Ramadhan. Alam bebas, laut biru, siulan manja burung-burung udara dan pemandangan tanjung baja serta puncak gunung Ile Ape menantimu di sana. Ajaklah keluarga untuk berlibur ke tempat ini agar Ramadhanmu tidak monoton. Destinasi ini terdapat di Balauring, Ibu Kota Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata. Yakinlah, setelah mengunjungi tempat ini, semangat anda dalam menunaikan Ramadhan akan semakin membuncah.

2. Pantai Nusantara Wowong

Pantai Nusantara Wowong tentunya sudah viral dan menarik mata dan hati sebagaian besar orang yang ada di Kedang Lembata. Selain pasir putih, jejeran pandan, laut biru jernih, di tempat ini juga adalah arena pasar. Setiap hari minggu, pasar Wowong akan dibuka. Nah, bagi anda yang sedang berpuasa, silahkan datang ke tempat ini; terserah waktu yang mau anda isi, baik itu hari biasa atau hari Minggu agar bertepatan dengan hari pasar. Tapi dianjurkan, lebih baik datang pada hari minggu, agar anda bisa menyiapkan bekal kuliner lokal yang disiapkan warga Wowong untuk berbuka puasa pada sore hari.

3. Pantai Angar Laleng

Barangkali, pantai Angar Laleng jarang terdengar di telinga anda atau jarang anda kunjungi. Oh, rugi sekali anda, jika belum ke tempat ini. Pantai Angar Laleng terdapat di Desa Mahal II, Omesuri. Selain pemandangan alam pantai yang indah, anda juga bisa menikmati dan melihat langsung perjuangan para petani rumput laut yang membanting tulang demi kebutuhan ekonomi keluarga. Ajaklah keluargamu datang ke tempat ini. Sebab, di  Angar Laleng, bukan hanya pantainya yang layak bagi anda melainkan, ada sayur-sayuran yang dikelola warga Mahal II. Siapa tahu, anda bisa membawa sesuatu untuk berbuka puasa di rumah. Ada tomat, terung dan lain-lain.

4. Bukit Senyum

Selain memilih berlibur di dekat Pantai, ternyata di bukit-bukit juga layak bagi tempat liburan pada bulan puasa. Salah satunya Bukit Senyum. Tempat ini – penulis belum tahu persis letak administratifnya – terdapat di Kecamatan Buyasuri. Jika anda sudah sampai di Weirian, lanjutkan perjalananmu ke Desa Rumang. Nah, sebelum masuk Desa Rumang, Bukit senyum menantimu dengan senyuman dan kemolekkan tubuhnya. Ada di tempat ini, serasa anda sedang berada dan melayang-layang di udara bebas. Di depan mata anda, akan ada laut Sawu biru nan indah, ada pulau-pulau kecil milik Kabupaten Alor yang menambah keindahan tersendiri. Ayo, datang ke bukit senyum dan tersenyumlah bersama alam indah di sana. Barangkali yang menantang adalah infrastruktur jalan. Namun, pastikan bahwa Ramadhanmu akan lebih bermakna ketika berlibur dan bersahabat dengan alam ciptaan Yang Maha Pencipta.

Bukit Senyum, Buyasuri


5. Pantai Bean

Tempat ini sangat eksotik, khususnya pasir putih yang membentang panjang. Pantai Bean ada di Desa Bean, Buyasuri. Selama bulan Ramadhan, anda dianjurkan untuk berlibur di tempat ini. Masih asri, molek dan tidak ada pungutan biaya sepeserpun. Bagi anda yang mau berlibur ke pantai Bean, jangan ragu-ragu karena infrastruktur jalannya sudah lumayan membaik, walaupun di tempat-tempat tertentu masih membutuhkan nyali perkasa dan keberanian tingkat ekstra.

Akhirnya, bagi saudara-saudariku umat Islam, selamat menyambut Bulan Suci ramadhan, Pergilah dan Menang! (Admin)

 

Post a Comment for "5 Tempat di Kedang Lembata yang Cocok Dijadikan Destinasi Liburan saat Ramadhan"