Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

6 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Lembata, Cocok untuk Liburan Natal 2022

Salah Satu Potret Indah di Pantai Noni', Desa Mahal, Kecamatan Omesuri Lembata

RAKATNTT.COM – Desember selalu berkaitan erat dengan liburan Hari Raya Natal. Pada momen Hari raya Natal, hal yang dicari bukan hanya baju dan celana baru, tempat tarik rambut (salon kecantikkan) – bagi yang tidak terima rambut berbentuk mie goreng – melainkan juga yang sering dipikirkan adalah tempat wisata populer dan indah.

Sebagaimana diketahui bahwa tempat wisata merupakan arena melepas lelah atau refresing bersama pacar atau sanak keluarga dan kenalan, maka rekomendasi tempat wisata yang menarik tentu sangat diburu, apalagi pada liburan Natal 2022.

Kali ini, rakatntt, merekomendasikan enam (6) tempat wisata populer dan indah yang ada di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT), sebagai berikut:

1. Pantai Noni’, Desa Mahal

Pantai Noni’ merupakan salah satu destinasi wisata yang sudah cukup populer di wilayah Kedang, Kecamatan Omesuri dan Buyasuri. Tempat wisata yang belum ditata secara baik oleh Pemerintah Desa setempat ini, masih menjadi obyek wisata gratis bagi mata para wisatawan. Pantai Noni’ terdapat di bagian selatan Desa Mahal, Kecamatan Omesuri, berhadapan langsung dengan laut Sawu yang selalu bergemuruh hebat.

Pasir Putih Wata Ana' atau Sering Disebut juga sebagai Pantai Noni'. Di Pantai ini Ada juga Gua Walet


Untuk mampir ke tempat ini, Anda hanya menempuh perjalanan dari Lewoleba ke Desa Mahal sekitar 30 KM. Tiba di pantai Noni’, ada beberapa obyek wisata unggulan, indah dan menarik yang menerima Anda yakni laut Sawu dengan ombak yang bergulung indah dan teratur, tebing batu poho yang memiliki legenda unik dan di atasnya tumbuh sekitar sehektar hutan hijau. Selain itu, ada pula pasir putih bersih dan indah di Wata Ana’, gua burung walet yang juga memberi keindahan view lainnya bagi Anda. Karena itu, jangan ragu lagi untuk datang ke pantai Noni’ pada liburan Natal 2022 ini.

2.  Pantai Mingar

Berpasir halus sepanjang kurang-lebih 5 KM, dilengkapi dengan jejeran pandan pantai, pohon ketapang dan beberapa jenis tumbuhan hijau lainnya. Di hadapannya ada ombak laut Sawu yang ganas bergemuruh, dahsyat menggoda. Itulah pantai Mingar. Pantai ini terdapat di Desa Pasir putih, Nagawutung, sekitar 20 KM dari Kota Lewoleba.



Di pantai Mingar juga tersedia obyek wisata alam lainnya yakni padang savana yang luas membentang dan perbukitan yang gagah berdiri. Bukan hanya itu, saat ini, di pantai Mingar tersedia pula kuliner lokal seperti ketupat dan ikan bakar yang disiapkan oleh warga setempat bagi para wisatawan dengan harga murah meriah. Ayo ke pantai Mingar, jangan tunggu lama.

3. Pantai Wulen Luo

Nama Wulen Luo tak asing lagi bagi warga Lembata, khususnya yang berdomisili di kota Lewoleba dan sekitarnya. Pantai yang terletak berdampingan dengan pelabuhan laut Lewoleba ini menjadi obyek wisata unggulan dan populer yang cocok dinikmati pada liburan Natal 2022 ini. Dengan jarak yang amat dekat dari pusat kota Lewoleba, pantai Wulen Luo tidak memiliki akses yang sulit. 



Di pantai Wulen Luo juga terdapat jeti, lopo dan juga kedai kopi yang bisa hangatkan tubuhmu khususnya pada sore hari ketika Anda menikmati sunset; matahari yang jatuh perlahan bersembunyi di balik gunung boleng. Biasanya pada sore hari di pantai Wulen Luo lokasi yang juga akrab disebut Harnus ini amat ramai dikunjungi orang, mulai dari generasi milenial sampai yang paling kecil yakni alfa dan yang lebih tua dari milenial.

Nah, dengan gambaran singkat ini, tak bisa dibantah lagi kalau pantai Wulen Luo sangat cocok bagi liburan Natal 2022 ini.

4. Bukit Senyum

Pastikan Anda akan tersenyum saat bertandang ke bukit senyum di Kecamatan Buyasuri; tempatnya persis sebelum Anda melaju ke pusat Desa Rumang. Di atas puncak bukit senyum, mata Anda langsung tertuju ke laut Sawu yang di atasnya terapung indah jejeran kepulauan Alor yang indah dan rapi.



Pada bagian utara, Anda akan menatap kagum dan jantung akan berdetak pesona tatkala mata Anda berpapasan dengan puncak gunung Uyelewun yang indah permai lagi molek. Belantara hutan di atas tubuh gunung Uyelewun, awan tebal yang tergantung di atasnya turut menggambarkan keindahan lain yang memberi senyum bagi setiap pengunjung yang datang ke Bukit Senyum.

Karena itu, liburan Natal 2022 ini, jangan lewatkan kesempatanmu untuk datang ke tempat ini. Anda bisa datang ke Wairiang (Weirian), Ibu Kota Kecamatan Buyasuri lalu melaju terus ke Desa Rumang dengan memakan waktu sekitar 30 menit perjalanan darat.

5. Pantai Nusantara Wowong

Nusantara Wowong adalah nama sebuah pantai sekaligus pasar tradisional yang ada di Desa Wowong, Kecamatan Omesuri. Yang menarik dari pantai ini yakni bukan hanya keindahan pantainya melainkan juga karena di pantai Nusantara Wowong ada pasar tradisional dengan nama yang sama yakni Nusantara Wowong.



Oleh karena itu, wisatawan yang datang ke sini akan menimati keindahan alam sekaligus menggunakan kesempatan untuk berbelanja keperluan dapur. Untuk diketahui pasar Nusantara Wowong buka pada setiap hari Minggu. Warga setempat menjual ketupat, jagung titi, ikan segar dan aneka jenis kuliner lainnya yang bisa menambah daya Anda untuk menikmati alam pantainya.

6. Pantai Bobu

Yang unik dari pantai Bobu adalah batu yang berbentuk seperti sebuah jembatan raksasa dan kokoh. Jembatan batu ini selain menyimpan nilai estetik tetapi juga mistik karena diyakini sebagai jembatan para leluhur orang-orang yang menetap di sekitar pantai Bobu.

Di sekitar pantai Bobu, warga beberapa daerah, misalnya Dangalangu, Ilo Wutung, Hidalabi, Besei, Benalar dan Lebelang menggunakan lahan untuk pertanian.

Pantai Bobu terdapat di Desa Lamalela, Kecamatan Lebatukan. Pemandangan unik lainnya yakni perbukitan dan padang savana yang membentang luas serta menambah daya keindahan bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung.

Demikian 6 rekomendasi tempat wisata populer di Kabupaten Lembata yang layak Anda kunjungi dalam mengisi liburan Natal 2022 ini. (RO/Red)

Post a Comment for "6 Rekomendasi Tempat Wisata Populer di Lembata, Cocok untuk Liburan Natal 2022"