Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Datang ke NTT, Jangan Lupa Nikmati Rambutan Koyak Adonara

 

Datang ke NTT, Jangan Lupa Nikmati Durian Koyak Adonara

Rakatntt.com - Berbagai buah lokal di Adonara, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur merupakan buah yang memiliki rasa yang nikmat. Buah-buahan ini merupakan jenis buah tropis. 

Selain nikmat untuk disantap, buah juga memiliki banyak manfaat bahkan untuk kesehatan. Salah satu buah yang rasanya tidak diragukan yakni buah Rambutan Koyak Adonara. 

Hampir di setiap kampung di Adonara ada buah Rambutan, tetapi lebih banyak terdapat di Adonara, jalan atas yakni Onge, Lamalouk, Kahri, Lamalota Lewoduli, Lambung dan sekitarnya.

Sobat yang hendak ke Adonara akan dimanjakan oleh buah Rambutan yang tentu rasanya sangat manis. Sebuah pemandangan yang sangat indah ketika melihat buah Rambutan yang merah merona di setiap pepohonan Rambutan.

Buah Rambutan di Adonara biasanya dipanen pada bulan Desember hingga bulan April.

Rambutan merupakan tanaman tropis yang termasuk ke dalam suku lerak-lerakan atau Sapindaceae, berasal dari daerah kepulauan di Asia Tenggara. Kata "rambutan" berasal dari Bahasa Indonesia yang berakar dari kata "rambut" karena bentuk buahnya yang mempunyai kulit menyerupai rambut.

Selain bentuknya unik, buah Rambutan memiliki 6 manfaat buah untuk Kesehatan yakni antara lain, mengobati sembelit. Rambutan juga termasuk salah satu buah yang mengandung banyak serat. 

Kedua, Meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Ketiga, menjaga kesehatan jantung. Keempat, meredakan kram otot. Kelima, menjaga kesehatan tulang. Dan keenam adalah untuk mencegah Infeksi saluran kemih.

Makan rambutan dapat membuat kenyang lebih lama, yang dapat mengurangi kemungkinan makan berlebihan dan mendorong penurunan berat badan. Selain itu, rambutan mengandung banyak air dan dapat membantu tubuh tetap terhidrasi, yang selanjutnya dapat mencegah makan berlebihan dan membantu penurunan berat.

Akan tetapi sobat, jika sobat memiliki penyakit asam lambung, lebih baik hindari makan rambutan. Rambutan memiliki kandungan gas dan asam yang cukup tinggi. Efek samping buah rambutan adalah bila dikonsumsi terlalu banyak dapat membahayakan sistim pencernaan dan dapat menyebabkan sembelit. Bahkan, ini bisa dijadikan pengobatan untuk menyembuhkan diare di rumah. Untuk ini, jumlah rambutan yang dikonsumsi harus dalam batas yang baik.

Jadi, jika Sobat hendak ke Adonara, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur untuk menikmati keindahan tempat wisata, jangan lupa mencicipi manisnya buah Rambutan. Rasanya akan terkenang abadi dan manisnya seperti ina-ina Adonara. (OB) ***

Post a Comment for "Datang ke NTT, Jangan Lupa Nikmati Rambutan Koyak Adonara"