Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Handphone Minggir Jauh, ini Manfaat Permainan Lato-lato bagi Anak

 

Handphone Minggir Jauh, ini Manfaat Permainan Lato-lato bagi Anak

Rakatntt.com - Lato-lato atau sering disebut juga nok-nok memiliki manfaat positif bagi anak-anak yang kecanduan handphone atau HP. 

Permainan tradisional ini tentunya baik bagi anak, karena mengalihkan perhatian mereka dari handphone. Permainan lato-lato yang tengah viral di kalangan masyarakat punya dampak positif terhadap anak-anak. 

Salah satu dampak positif yakni permainan lato -lato telah mengalihkan perhatian anak-anak yang sebelumnya kecanduan terhadapHandphone. 

Permainan lato-lato memiliki nilai positif dari sejumlah aspek. Salah satunya aspek perkembangan anak. Dari aspek perkembangan anak, lato-lato bisa melatih koordinasi mata dan motorik tangan anak. 

Permainan apa saja bisa melatih motorik dan membantu kreativitas anak. Bermain menjadi media perkembangan anak. Karena dengan bermain anak dapat mengembangkan aspek kognitif, motorik, emosi dan sosial anak.

Sebelum ada permainan lato-lato anak sibuk bermain Handphone, yang kita ketahui mempunyai banyak dampak negatif antara lain kurang layak sosial pada anak. Akan tetapi dengan adanya permainan lato-lato, ada aspek positif bagi anak-anak yakni aspek sosial. 

Dalam permainan lato-lato, anak anak langsung berinteraksi dengan teman sebayanya.

Selain aspek sosial, permainan lato lato dapat mengasah kognitif anak-anakbaik. 

Bermain lato-lato sambil belajar menghitung. Permainan lato-lato dapat meningkatkan kemampuan kinestetik perkembangan anak. kecerdasan kinestetik atau gaya kinestetik ini adalah kemampuan untuk menggabungkan antara fisik dan pikiran, sehingga menghasilkan gerakan yang sempurna. 

Anak-anak dengan kecerdasan kinestetik belajar melalui sensasi fisik dan mungkin memiliki kesulitan untuk duduk diam dalam jangka waktu yang lama.

Permainan lato-lato mempunyai nilai positif namun perlu diperhatikan bahwa bagi anak-anak di bawah lima tahun perlu ada pengawasan dari orangtua dikarenakan koordinasi mata dan tangan anak anak di usia ini belum berkembang dengan baik.

Perlu pengawasan orangtua agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. (OB)

Post a Comment for "Handphone Minggir Jauh, ini Manfaat Permainan Lato-lato bagi Anak"