Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tiga Cerita Debarkan Dada tentang Gunung Uyelewun di Pulau Lembata

Gunung Uyelewun di Pulau Lembata
Puncak Gunung Uyelewun di Pulau Lembata, NTT


Rakatntt.com - Gunung Uyelewun – diambil dari nama Uyolewun – merupakan salah satu gunung dengan panorama menawan yang dimiliki oleh orang Kedang di pulau Lembata. Gunung Uyelewun dalam kearifan lokal orang Kedang merupakan tempat sakral karena nenek moyang mayoritas orang Kedang diyakini berasal dari puncak Uyelewun.

Dikenal ada dua tempat yang pernah dijadikan sebagai kampung atau pemukiman sementara nenek moyang orang Kedang pada masa nomaden yakni Leu Rian (kampung besar) dan Leu eho’ (kampung kecil). Hingga kini, orang Kedang masih tetap ngotot menyatakan bahwa leluhur mereka berasal dari puncak Uyelewun; mereka tidak berasal dari luar Lembata.

Selain dianggap sebagai tempat asal mayoritas orang Kedang, gunung Uyelewun juga dikenal memiliki beberapa cerita mendebarkan dada yang selalu diwariskan secara oral oleh para tetua Kedang.

1. Ada Lubang di Puncak

Dalam cerita-cerita lisan yang beredar di Kedang, diketahui bahwa di puncak gunung Uyeleun terdapat sebuah lubang menganga yang kedalamannya menembus sampai ke laut. Ada cerita bahwa dulu kala, ada orang yang pernah menjatuhkan tempat penumpuk padi (upe’ alu’) di lubang tersebut. Beberapa minggu kemudian, tempat penumpuk padi tersebut ditemukan di pantai selatan. Oleh karena itu, diyakini bahwa lubang tersebut, ujungnya sampai di pantai selatan.

Ada pula cerita bahwa dulu kala ada seseorang yang jatuh ke lubang tersebut saat sedang berburu binatang hutan. Namun, nyawanya selamat karena ia tersangkut pada akar pepohonan dalam lubang tersebut. Ia akhirnya diselamatkan oleh rekan-rekannya yang lain.

Tentang fakta lubang menyeramkan ini, penulis sendiri belum menginjakkan kaki di puncak Uyelewun. Namun, menurut beberapa orang yang pernah singgah di puncak Uyelewun, mereka menegaskan bahwa lubang tersebut benar adanya.



2. Pesawat Tak Bisa Terbang di Atas Puncak Uyelewun

Ada satu lagi cerita tak masuk akal yang pernah “viral” di kalangan masyarakat Kedang – kini cerita ini jarang terdengar. Pada sekitar 20-an tahun lalu masih tersebar sebuah cerita dari mulut ke mulut bahwa pesawat tidak bisa terbang melewati puncak Uyelewun. Hal ini beralasan bahwa di puncak Uyelewun ada sebuah magnet misterius yang bisa menarik jatuh pesawat yang lewat di atas puncak Uyelewun. Bahkan dulu, ketika ada anak-anak muda Kedang yang mau mendaki ke puncak Uyelewun, dilarang untuk membawa rantai atau besi.

Ada pula cerita yang menyatakan bahwa jika pesawat terbang di atas puncak Uyelewun, maka gunung ini akan semakin tinggi. Entah mitos atau fakta; tetapi inilah sebuah cerita yang pernah ada di Kedang.

3. Kerasukan

Ada sebuah warning tegas sesuai kearifan lokal orang Kedang yakni puncak gunung Uyelewun tidak boleh dijadikan tempat untuk berpacaran apalagi berbuat mesum. Para kawula muda Kedang yang ingin mendaki ke puncak Uyelewun mesti mengetahui larangan ini. Sebab ada isu yang beredar bahwa beberapa orang pernah mengalami kerasukan usai berpacaran di puncak Uyelewun.

Gunung ini diyakini merupakan tempat sakral (air puting oli’ pireng) dan bukan untuk dinodai oleh aksi tak senono atau vandalisme. Karena itu, setiap pendaki, mesti mengetahui larangan ini sebelum menginjakkan kaki di puncak Uyelewun. Puncak yang indah ini mesti dijadikan tempat untuk menimbah inspirasi, mengalami kembali suasana sejarah para leluhur dan tentu saja merawatnya sebagai rumah induk orang Kedang. (RO)

Post a Comment for "Tiga Cerita Debarkan Dada tentang Gunung Uyelewun di Pulau Lembata"