Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Jangan Lupa Mampir di Desa Mampir, Normal, Mahal dan Panama, Kabupaten Lembata, NTT

 

Ilustrasi

RakatNtt.com - Sebanyak 144 Desa tersebar di 9 Kecamatan, Kabupaten Lembata, NTT. Berdasarkan penelusuran RakatNtt, sekurang-kurangnya terdapat 5 Desa di Lembata yang memiliki nama unik. 

Lima Desa tersebut yakni Desa Mampir, Normal, Mahal, Panama dan Roma. Semua Desa ini terdapat di Kedang, Kecamatan Omesuri dan Buyasuri. 

Rinciannya, Desa Mampir dan Panama terdapat di Kecamatan Buyasuri, Desa Mahal, Normal dan Roma ada di Kecamatan Omesuri. 

Keunikan nama-nama Desa tersebut sepintas bisa membuat orang baru salah tingkah. Sebab ada yang mirip dengan nama tempat di Eropa dan Amerika, misalnya Roma dan Panama. 

Walaupun ada pemikiran ke arah itu, tapi sesungguhnya nama-nama Desa tersebut tak ada kaitannya dengan nama tempat di luar negeri. 

Desa Panama merupakan gabungan dari 3 kampung yakni Wa'kio, Leu Naha' dan Tua'mado. Kemudian, Desa Mahal merupakan gabungan dari  kampung Hobamatan dan Leuhapu. Mahal merupakan akronim dari bahasa adat kedua kampung tersebut yakni Matan Lama Mangan Hapu Lama Boleng. Desa Mahal sudah dimekarkan menjadi 2 yakni Desa Mahal dan Mahal 2.

Dasa Roma merupakan gabungan dari kampung Leu Mamuq dan Atarodang sehingga bahasa adat digabung menjadi Rodang Lama Kopaq Mamuq Mara Laleng (Roma). 

Jangan Lupa Mampir

Pada akhirnya, jika Anda ingin ke Kedang Lembata, jangan lupa mampir di Desa Mampir, Normal, Panama dan Mahal. 

Desa-desa tersebut punya keunikan masing-masing khususnya terkait wisata alam maupun adat atau budaya lokal mereka yang tentu saja menarik untuk Anda pelajari. 

Di Desa Mahal misalnya, Anda bisa berkunjung dan merasakan udara segar di hutan Natu dan pantai selatan yang indah berpasir putih serta gemuruh ombak yang selalu berisik. 

Ada juga bekas kaki manusia zaman dulu yang terdapat di batu melang, gua alam burung walet dan masih banyak lainnya. *** (RO) 

3 comments for "Jangan Lupa Mampir di Desa Mampir, Normal, Mahal dan Panama, Kabupaten Lembata, NTT"