Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan Lakukan Bakti Sosial di Lewoleba

 


RakatNtt.com - Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan satu-satunya wadah organisasi siswa yang sah di setiap jenjang pendidikan. 

OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan Lakukan Bakti Sosial di Lewoleba

Baik itu SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA wajib memiliki wadah organisasi OSIS. 

Dengan adanya wadah organisasi ini siswa dilatih dan dididik untuk memiliki berbagai jenis kemapuan diantaranya kempauan menjadi seorang pemimpin yang baik, kemampuan dapat beromunikasi yang baik dan santun ketika berada ditengah masyarakat, kemampuan  memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan.

Minimnya kesadaran siswa terhadap lingkungan sekolah merupakan masalah yang masih berkelanjutan hingga saat ini, dikarenakan kurangnya pengetahuan dan infrastruktur dalam menjaga lingkungan. 

OSIS sebagai wadah perkumpulan bagi siswa diharapkan mampu melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai diantaranya menumbuhkan karakter peduli lingkungan pada diri setiap siswa. 

Untuk itu, OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan, Kabupaten Lembata dalam salah satu program kerjanya yaitu bakti sosial terjun langsung ke tempat-tempat umum untuk mewujudkan program kerja tersebut.

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka yang ke-62 dan Hari Ulang Tahun (HUT)  Kemerdekaan Republik Indonesia, OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan menyambut kedua hari bersejarah tersebut dengan melakukan aksi pembersihan lingkungan di tempat-tempat umum di Lewoleba, Ibukota Kabupaten Lembata. 

Hal tersebut dilakukan merujuk pada salah satu program dari OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan yaitu bakti sosial dimana siswa dilatih dan dididik untuk peduli terhadap lingkungan. 

Ada tiga tempat yang menjadi sasaran yaitu Pasar Lamahora, Pantai Wangatoa Sekitar Badara Wunopito dan Pasar TPI Lewoleba. 

SMP Negeri 4 Nubatukana yang merupakan salah satu  sekolah Negeri di jantung ibukota tepatnya di Kelurahan Lewoleba Timur Kabupaten Lembata yang peduli pada lingkungan.

OSIS SMP Negeri4 Nubatukan  menggelar aksi bersih lingkungan pada Jumat 11 Agustus 2023 untuk menjaga kebersihan lingkungan dan menggerakan kepedulian siswa akan persoalan sampah. 

Kegiatan aksi bersih lingkungan dilakukan sepanjang pantai wangatoa, sekitar bandara wunopito Lewoleba, Pasar Lamahora dan Pasar TPI Lewoleba.  

Kegiatan ini melibatkan seluruh warga SMP Negeri 4 Nubatukan baik siswa maupun guru serta karyawan tata usaha. 

SMP negeri 4 yang memilik 9 rombongan belajara ini dalam kegiatan tersebut dibagi tiap lokasi pembersihan terdiri dari tiga rombel. 

Tujuan aksi bersih lingkungan ini adalah untuk menanamkan kepada siswa akan penting kebersihan lingkungan dan menumbuhkan karakter siswa akan kepeduliannya terhadap  lingkungan. 

Siswa dilatih sejak dini sehingga ketika terjun di tengah masyarakat sudah memiliki bekal akan pentingnya menciptakan kondisi lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman. 

Pada sisi lain masyarakat pasar dan masyarakat di sekitar pantai selalu mengeluh akan pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya yang menimbulkan aroma yang tidak menyenangkan. 

Dengan adanya pengeluhan oleh warga pasar dan pantai baik itu pengunjunga ataupun warga yang menetap di sekitar lokasi tersebut tentang dampak yang timbul akibat membuang sampah secara sembarangan, sehingga nantinya para siswa tersebut memiliki pemahaman untuk menjaga dan melestarikan lingkungan hidup disekitarnya. 

Tujuannya, agar mereka memiliki kemampuan dan pengetahuan dari dampak membuang sampah secara sembarangan, apalagi sampah yang terbuang itu adalah sampah organik itu akan lama terurai Sehingga dengan adanya kesadaran seperti itu, para siswa dapat mengetahui tentang bagaimana pentingnya dalam menjaga kebersihan lingkungan dan tentu kegiatan ini untuk mengembangkan kepribadian pengurus OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan agar memiliki sikap dan semangat gotong-royong, peduli dan mencintai lingkungan. 

Hal ini mengajarkan kepada siswa tentang aksi nyata dalam pengamalan sila kedua Pancasila yaitu “Kemanusiaan Yang Adil Dan Berdab”.

Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan bersama semua warga SMP Negeri 4 Nubatukan dengan harapan semoga dapat menyadarkan kita agar tidak membuang sampah di sembarang tempat. 

Dengan demikian lingkungan tetap terjaga kebersihanya dan terhindar dari segala jenis penyakit menular yang mengancam kita.

*Oleh Syukur Matur, Guru

Post a Comment for "OSIS SMP Negeri 4 Nubatukan Lakukan Bakti Sosial di Lewoleba"