Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

 

Dorotea Welin

Bahasa merupakan bagian penting dalam berkomunikasi dengan manusia lain atau bahasa disebut sebagai jembatan untuk menghubungkan manusia dalam berinteraksi dari satu orang ke orang lain. Ada begitu  banyak bahasa  yang ada di bumi ini, khususnya setiap negara memiliki bahasa kebangsaan dimana digunakan dalam suatu  negara  dengan kepentingan tertentu.

Keragaman bahasa yang ada di dunia membuat banyak orang kesulitan dalam membangun komunikasi dengan orang lain terlebih pada orang asing. Misalnya para turis manca negara. Hal ini merupakan masalah yang dialami banyak orang hingga saat ini. Oleh karena itu, kecakapan berbahasa asing sangat penting untuk membantu mengatasi kesulitan tersebut.  

Bahasa yang dimaksudkan adalah bahasa pemersatu atau global language dimana bahasa ini menolong banyak orang di bumi untuk berinteraksi sesuai dengan kepentingan tertentu seperti, ekonomi, politik, sosial, pendidikan dan budaya.

Bahasa pemersatu ini disebut bahasa inggris, bahasa ini dianggap sangat baik untuk bahasa pemersatu.  Orang biasa menyebutnya sebagai international language dimana bahasa ini digunakan secara internasional. Bahasa ini menolong banyak orang di dunia untuk melakukan kepentingan mereka terkhusus dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Indonesia sendiri sudah menerapkan pendidikan bahasa inggris sebagai pelajaran wajib di sekolah atau sudah dirancang dalam Educational System Curriculum  dari tingkat menengah pertama sampai ke  universitas. Pelajaran ini dianggap sangat penting karena sangat memengaruhi peserta didik dalam berwawasan luas untuk berkomunikasi dan menghadapi dunia luar dengan menggunakan bahasa inggris. Selain pendidikan ada banyak hal yang bermanfaat dalam belajar bahasa inggris bergantung kebutuhan pelajar.

Setiap orang yang belajar bahasa inggris banyak mengalami kesulitan dalam menulis, membaca, mendengar dan berbicara. Tingkat yang dianggap paling sulit dalam belajar bahasa inggris adalah berbicara (Speaking). Hal ini dikarenakan tulisan bahasa inggris  berbeda dengan pengucapannya sehingga banyak pelajar bingung dalam persoalan ini.

Mari kita fokuskan misi dan belajar bersama meningkatkan kemampuan berbicara ( speaking) mari kita mulai dengan niat yang baik dan knsentrasi.

 TIPS BELAJAR BERBICARA (SPEAKING) DALAM BAHASA INGGRIS.

1.      Vocabulary (kosakata)

Hal yang paling pertama dan utama adalah vocab atau kosakata, yang membuat orang dapat berbicara dengan baik dan membuat temam bicara dapat mengerti  apa yang diucapkan. Untuk pelajar pemula anda tidak diharuskan mempunyai segudang kosakata, tetapi anda harus memiliki beberapa kosa kata, yang dimaksud adalah, kosakata keseharian, seperti : wash, eat, drink, go, sleep dll. Kosakata ini sangat penting sekali untuk membantu pelajar.

2.      Make a sentense (membuat kalimat)

Tentu saja ini juga tidak kalah pentingnya seperti makan pasti kita butuh minum, make a sentence ini adalah tingkat yang tinggi untuk speaker  dimana ketika kita punya cukup kosakata kita harus dapat membuat kalimat. Mengapa kita harus membuat  kalimat? Karena kosakata harus bisa dibentuk menjadi sebuah kalimat yang padu. Sederhanya kita tidak dapat berbicara jika kosakata yang kita gunakan tidak punya  arti  tertentu atau teman bicara  kita  tidak dapat mengerti dengan baik apa yang kita ucapkan.

 Contoh membuat kalimat : I go to school this morning. Kalimat ini memiliki beberapa kosakata yang dimana memiliki arti yang benar dan dapat dimengerti oleh orang.

   Habit (Kebiasaan)

Kebiasaan adalah kegiatan yang dilakukan terus menerus dengan durasi waktu tertentu. Ketika kita dapat membuat satu kalimat, biasakan diri dengan membuat kalimat lagi dengan menggunakan kosakata yang berbeda. Kebiasaan membuat kalimat baru setiap saat tentu dapat membantu anda dalam membiasakan diri membentuk kalimat baru.

Lakukan dengan berbicara dan  menggunkan kalimat baru disetiap harinya.

4.      Speak up (mengucapkan)

Setelah anda punya kebiasaan membuat kalimat dengan arti tertentu, nah kali ini anda harus penuh percaya diri untuk mengucapkanya dengan berani dalam bahasa inggris. Anda harus mampu mengucapkan pada teman anda atau orang terdekat anda yang dapat berbicara bahasa inggris, tetapi jika anda adalah seorang pelajar, anda dapat berbicara dengan teman kelas anda atau teman les Lakukan setiap kali anda ingin berbicara ingat kosakata, buat kalimat dan biasakan diri untuk berbicara.

Beberapa hal di atas yang perlu anda perhatikan dalam belajar berbicara bahasa inggris. Mulailah dengan poin pertama pasti anda akan bergerak selanjutnya ke poin berikutnya.

Do nothing then you get nothing (tidak melakukan, tentu anda tidak mendapatkanya) selamat belajar.

                                                                    Makassar,By  : Dorotea Welin, S.Pd

 

 

 

 

Post a Comment for "Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris"