Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Anak

 

Lusia Astuti Karwayu
Mahasiswi Universitas Terbuka Waibalun, Flotim

Belakangan ini kita banyak mendengar dan juga membaca berbagai macam persoalan yang terjadi pada anak dan berujung pada tindakan kriminal. Hal ini tentu membuat kita bertanya tentang penyebab kejadian tersebut. Disini, melalui tulisan sederhana ini, saya mau menegaskan bahwa dasar tumbuh dan berkembangnya anak adalah keluarga. Sebab keluarga merupakan tempat anak dibentuk menjadi manusia yang berguna.

Dari beberapa kasus yang kita temui berkaitan dengan anak dapat kita simpulkan bahwa keluarga adalah rumah. Jika kehidupan keluarga dalam hal ini orangtua, tidak sedang berdamai bagaimana mungkin anak dapat tumbuh dan berkembang secara baik? Tanpa kita sadari sebagai orangtua kita mesti mengajarkan hal yang baik kepada anak.

Contohnya jika ada hal yang menjadi permasalahan di dalam rumah, cobalah di bicarakan dengan baik. Sangat tidak baik jika kita harus berdebat di depan anak yang berujung pada pertengkaran. Anak adalah makhluk yang paling jago dalam hal meniru. Jika didalam keluarga kita sudah mengajarkan anak tentang berkata kasar, mencaci dan main tangan, anak akan kembali menerapkan hal buruk tersebut ketika dia berada di luar lingkungan rumah.

Tidak salah jika ada anak  yang kadang tidak menghargai orang lain, toh pembawaan dari keluarganya sudah seperti itu. Sikap kita sebagai orangtua menjadi penentu untuk baik buruknya perkembangan anak. Anak yang sering mendapatkan kekerasan dalam rumah dapat menimbulkan risiko kurangnya rasa percaya diri pada anak, anak sulit memahami dunia luar dan anak menjadi acuh tak acuh.

Melihat kondisi yang sering terjadi ini, saya mengajak orangtua dan juga calon orangtua agar lebih memperhatikan sikap kita sebagai orangtua demi perkembangan anak kita. Orangtua sebagai agen untuk mengembangkan potensi dalam diri anak. Jika dari kecil anak sudah dibekali dengan hal-hal tidak baik, maka kemungkinan akan berisiko untuk timbulnya perilaku yang tidak baik pula dalam diri anak.

Mari kita menjaga anak-anak kita, generasi ini harus menjadi generasi yang lebih baik. Di tengah kondisi covid-19 ini anak hanya bisa melakukan kegiatan belajar dan kegiatan lainnya dari rumah. Jadikan rumah sebagai tempat terbaik untuk anak belajar dan orangtua menjadi guru terhebat untuk anak.

Salam🙏

2 comments for "Dampak Kekerasan Dalam Rumah Tangga Terhadap Perkembangan Anak"