Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Viral, Militer Indonesia Masuk 16 Besar di Dunia

 



Indonesia menjadi populer di mata dunia bukan sekadar karena hasil alamnya yang melimpah melainkan juga kerena posisi militernya yang semakin di depan. Salah satu ketenaran militer Indonesia yaitu tentang nama baik Kopasus yang sangat diakui dunia.

Dilansir dari republika.co.id, militer Indonesia kembali mengukir sejarah. Kali ini, dikabarkan bahwa Global Firepower (GFP) 2021 telah menempatkan kekuatan militer Indonesia pada posisi ke 16 dari total 138 negara. Indonesia mendapatkan indeks 0.2697, sedangkan Jerman berada pada posisi ke 15 dan Arab Saudi ke 17.

Selain itu, dikabarkan bahwa pertahanan Korea Selatan (korsel) berada pada urutan ke enam di seluruh dunia. Berita tentang militer Korea Selatan ini dilaporkan pada Sabtu (16/1) oleh kantor berita Korsel Yonhap yang juga menegaskan bahwa indeks Korea Selatan tetap sama dengan tahun sebelumnya yakni 0.1621.

Nilai indeks ini dihitung berdasarkan beragam faktor yakni dari kekuatan militernya, finansial sampai kemampuan logistik dan geografi. Semakin rendah indeks, maka semakin kuat militernya. Tetangga Korea Selatan yaitu Korea Utara mencapi posisi ke 28 dengan indeks 0.4684. Posisi ini sangat mengecewakan karena sebelumnya Korea Utara berada pada posisi ke 25. Selain itu posisi lima (5) besar ditempati oleh Amerika Serikat, diikuti Rusia, China, India, dan Jepang.

Perlu diketahui juga bahwa Global Firepower (GFP) adalah daftar peringkat kekuatan militer di seluruh dunia. Kita mengaharapkan agar dengan peringkat ke 16, militer Indonesia semakin terdepan dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Post a Comment for "Viral, Militer Indonesia Masuk 16 Besar di Dunia"