Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Candi Prambanan akan Dijadikan Pusat Ibadah Hindu Sedunia, Ini Alasannya

Indonesia sejak dahulu kala dikenal sebagai sebuah negara yang memiliki banyak candi sehingga dikenal dengan sebutan negeri 1001 candi. Ada candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, candi Dieng, candi Gedong Songo dan lain-lain.

Kehadiran candi-candi tersebut tak terlepas dari eksistensi agama-agama awal di tanah air seperti Hindu dan Budha. Maka, tak heran, menurut wikipedia, candi dalam bahasa Indonesia merujuk kepada sebuah bangunan keagamaan tempat ibadah peninggalan purbakala yang berasal dari peradaban Hindu-Buddha.


Terlepas dari semua itu, ada kabar gembira yang datang dari Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas. Dilansir dari cnnindonesia, Yaqut berencana menjadikan candi Prambanan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu di seluruh dunia.


“Untuk perencanaan Candi Prambanan sebagai tempat ibadah bagi umat Hindu nusantara dan dunia,” kata Yaqut dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Jakarta, Senin (30/8/2021) sebagaimana diberitakan cnnindonesia.


Yaqut menjelaskan bahwa rencana mulia tersebut akan dimulai dengan pembahasan naskah akademik yang dirancang oleh tim kerja dari berbagai unsur lembaga keagamaan umat Hindu dan unsur kementerian terkait.


Saat ini, sambung Yaqut, proses sudah memasuki tahapan penyusunan Memorandum of Understanding (MoU) di tingkat kementerian.


Untuk diketahui, salah satu alasan Prambanan dijadikan tempat ibadah Umat Hindu Sedunia karena candi tersebut merupakan yang terbesar di Indonesia. Candi Prambanan dibangun pada abad ke-9 Masehi. Candi ini juga termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan juga bentuk fisiknya sangat indah di Indonesia.


Selain itu, menurut informasi yang beredar, menteri Agama juga akan menjadikan candi Borobudur sebagai pusat peribadatan umat Buddha sedunia. Bahkan, rencana ini sudah ia sampaikan pada kesempatan membawakan sambutan dalam acara Dharmasanti Tri Suci Waisak 2565 pada 27 Mei 2021 lalu.

 

 

Post a Comment for "Candi Prambanan akan Dijadikan Pusat Ibadah Hindu Sedunia, Ini Alasannya"