Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar Akun Palsu yang Ramaikan Grup Facebook Bicara Lembata New



RAKATNTT.COM – Media sosial – facebook, WhatsApp dll – menjadi medium populer yang dipakai oleh manusia milenial untuk berkomunikasi jarak jauh. Facebook adalah media sosial yang barangkali paling banyak diminati oleh orang-orang yang memiliki android pribadi. Facebook juga menjadi medium yang tepat bukan hanya untuk berkomunikasi secara positif, saling menginspirasi melainkan juga menjadi medium yang aman dipakai untuk menghujat orang, membully bahkan mencaci maki orang.

Orang-orang yang bersembunyi di balik facebook untuk leluasa mencaci-maki orang atau katakanlah menghujat dengan unggahan yang kasar, redaksi kalimat yang mengarah kepada ad hominem biasa dikategorikan sebagai akun palsu. Frasa akun palsu ini merupakan sebuah istilah yang sangat terkenal dalam perdebatan warganet di grup facebook Bicara Lembata New. Grup yang memiliki anggota sekitar 40 ribu lebih ini hampir tiap menit diramaikan oleh unggahan-ungghan seputar permasalahan di Lembata. Ada masalah sosial-politik, hukum, jual-beli barang dan yang terbaru yakni soal kasus selangkangan yang diduga diperankan oleh salah seorang anggota DPRD Lembata dari PDI Perjuangan.

Kasus terbaru dan viral ini menjadi kesempatan emas bagi beberapa akun yang dikategorikan akun palsu untuk beraksi. Mereka memberikan kritik bukan dengan tujuan yang mengarah kepada kebaikan tetapi ada beberapa akun yang terlihat mulai mencaci maki dan bahasa-bahasa kasar lainnya. Walaupun itu adalah kebebasan setiap orang tetapi etika, batasan-batasan dalam berekspresi atau berkomunikasi mesti selalu ada. Ya, itu harapan positifnya.

Daftar Akun Palsu di Bicara Lembata New

1. Aba Daud

Nama akun palsu ini sudah lama eksis di grup BLN. Akun ini terlihat sangat aktif meberikan kontrol sosial dengan unggahan yang menurut saya cukup kritis dan berimbang. Hampir tiap postingannya memiliki pendasaran-pendasaran yang patut diterima akal sehat. Ia pernah mengkritik bupati Lembata (alm) Yance Sunur dengan sangat konsisten, juga untuk DPRD maupun bupati Thomas Ola. Artinya, pemilik akun ini, menurut saya orang kritis yang punya kepedulian untuk Lembata. Hanya sayang, kita tidak tahu siapa identitas valid beliau.

2. Arus Tujuh Penjuru

Akun palsu ini, setelah kematian bupati Yentji Sunur, hampir tak terlihat nongol di BLN. Namun, setelah viralnya kasus selangkangan di toilet, tiba-tiba akun ini muncul lagi dengan unggahan yang tidak enak dibaca. Unggahan arus tujuh penjuru, menurut saya berbeda jauh dengan Aba Daud yang cukup berimbang dalam memberikan kontrol sosial lewat facebook.

3. Arus Wato Woko, Jubaida L. Lembata dan beberapa akun lainnya yang dikategorikan akun palsu.

Kehadiran mereka di BLN membuat grup yang beranggotakan 40 ribu orang tersebut tetap ramai tiap saat. Namun, di dalamnya, banyak kali kita temukan cara berkomunikasi yang tumpang tindih, saling menyerang pribadi dan seterusnya. Kita temukan cara berkomunikasi yang jauh dari etika ketimuran kita. (Admin)

 

 

 

Post a Comment for "Daftar Akun Palsu yang Ramaikan Grup Facebook Bicara Lembata New"