Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tugu Tatong: Ikon Budaya dan Wisata di Desa Leuwayan, Lembata



RAKATNTT.COM, Desa Leuwayan, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, NTT sudah ditetapkan sebagai salah satu desa budaya di Lembata oleh Pemerintah Daerah setempat. Salah satu alasan dijadikan desa budaya karena warga Leuwayan masih melekat dengan kekayaan budaya yang diwariskan oleh leluhur mereka. Salah satu warisan budaya yang dimaksud yakni musik tatong.

Tatong merupakan salah satu musik khas-tradisional yang ada di Kabupaten Lembata. Musik ini dimainkan dengan cara dipetik atau dipukul. Saat ini, musik tatong masih diproduksi di desa Leuwayan. Berkunjung ke desa ini, anda akan disuguhkan pemandangan indah, salah satunya yakni tugu tatong yang berdiri kokoh tepat di pinggir jalan raya. Pada bagian utara tugu tatong, terbentang laut Flores yang indah dan teduh ombaknya. Pada bagian timur ada jejeran pohon kelapa dengan daunnya melambai-lambai seolah-olah memanggil anda untuk segera masuk ke desa Leuwayan.

Tugu tatong saat ini menjadi ikon desa budaya Leuwayan dan juga alternatif wisata bagi para pengunjung desa tersebut. Hampir saban hari, tugu tatong dijadikan sebagai tempat rekreasi khususnya pada sore hari. Bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang musik tatong dan budaya lokal lainnya, silahkan bertandang ke desa Leuwayan yang terdapat di pesisir utara pulau Lembata, Kedang, Omesuri, NTT. Sebab di sana, peta tentang budaya lokal akan tergambar jelas baik oleh tuturan lisan para warga setempat, ritual-ritual tahunan, maupun bentuk fisik dari benda-benda peninggalan leluhur orang Leuwayan. (Admin)

Post a Comment for "Tugu Tatong: Ikon Budaya dan Wisata di Desa Leuwayan, Lembata"