Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pemandangan Lain Pantai Noni’ di Lembata, Terdapat Liang Alarebeng

Liang Alarebeng, Desa Mahal, Omesuri

RAKATNTT.COM – Pantai Noni’ (juga sering disebut wata ana’) di Desa Mahal, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, NTT; selain terkenal eksotik, terdapat pula sebuah gua walet. Dalam bahasa setempat, warga menyebutnya, liang alarebeng.

Pantai yang digadang-gadang akan dikelola menjadi tempat wisata tersebut, memiliki panorama pasir putih terbentang di sepanjang bibir pantai; ada pula onggokan bebatuan yang disebut poho. Alamiahnya pemandangan alam di Noni’ sangat layak bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan mencari inspirasi bagi Anda yang berbakat seni.

Tak jauh dari keindahan laut dan pasir putih serta pepohonan yang berdiri berjejer rapi, Anda akan menikmati juga gua walet. Gua yang berusia ratusan tahun tersebut menjadi rumah ternyaman bagi puluhan bahkan mungkin ratusan walet.

Burung-burung langka tersebut, merupakan komoditas yang disediakan alam, jika dilirik melalui kaca mata ekonomi. Walaupun begitu, hingga kini gua yang memelihara keamanan bagi walet masih bebas dari campur tangan manusia seni yang tergerak untuk mengelolanya.



Di sekitar gua walet, juga ada pemandangan tebing batu poho; di atasnya tumbuh sehektar hutan dengan batang-batang pohon berukuran variasi. Jika Anda berkunjung ke sana, udara alamnya sangat bersahabat, apalagi jika Anda menikmati alam lautan dari atas batu poho. Sungguh indah karya Tuhan.

Nah, mau tunggu apalagi, ayo jalan-jalan ke Noni’! Suasananya masih alamiah, jauh dari kebisingan, udara segar, pemandangan indah menggoda mata. Jangan lupa bawa keluarga atau kekasih hatimu untuk datang ke Noni’ dan berpotret ria sambil menjaga hutan di sana agar tidak punah oleh tangan jahil manusia.

Oh iy, ini warning tegas. Jangan pernah melakukan aktivitas negatif di Noni’. Sebab, warga meyakini, aktivitas tersebut dapat berakibat buruk bagi pelaku bersangkutan. So, mari jaga alam, mari jaga tingkah lalu kita agar alam pun menjaga nafas kita. (RO/Red)

 

Post a Comment for "Pemandangan Lain Pantai Noni’ di Lembata, Terdapat Liang Alarebeng"