Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Lomba Pidato Peserta dari SMPK St. Pius X Lewoleba Raih Juara Terbanyak

Peserta dari SaNpiox Bersama Guru Pendamping

RAKATNTT.COM - Dalam rangka menyongsong Hari Kesaktian Pancasila  1 Oktober 2022, Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMPK Ampera Waipukang-Ile Ape menggelar lomba pidato antar SMP/MTS Se-Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Acara ini dilaksanakan pada Jumat,(30/09/22) bertempat di Aula SMPK Ampera Waipukang-Ile Ape. 

Berdasarkan catatan panitia, ada 33 peserta yang mendaftar, dengan rincian sebagai berikut 15 peserta lomba pidato bahasa Inggris dan 18 peserta lomba pidato Bahasa Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Anselmus Asan Ola, dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan dengan resmi menghimbau bahwa dalam era moderen ini nilai-nilai pancasila harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Nilai-nilai pancasila tidak hanya diungkapkan dalam pidato saat lomba, tetapi lebih dari itu bagaimana nilai itu dihayati dan diaplikasikan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai kaum intelektual. Kita harus menjadi pionir dalam mengaplikasikan nilai pancasila," tegasnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMPK Ampera, Bibiana Perada Bali, S.Pd dalam sambutanya, mengapresiasi semua peserta dan Bapak Ibu Guru yang telah mendaftarkan diri dalam ajang lomba yang digelar itu. 

Ia mengaku bangga atas respons baik dari belasan sekolah untuk mendaftarkan diri. 

Lebih dari itu, Bibiana mengatakan bahwa nilai-nilai pancasila perlu ditanamkan pada diri anak-anak sejak dini agar sikap, perilaku dan karakter mereka dibentuk dengan baik.

"Saya mengapresiasi semua peserta yang telah mendaftarkan diri untuk mengikuti lomba ini, dengan ajang ini kita melatih mental dan karakter anak didik kita bagaimana menghadapi perkembangan di era globalisasi ini," ungkapnya.

Dewan juri yang dihadirkan dalam ajang lomba ini adalah para guru terpilih Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tingkat SMP/MTS dan SMA/MA tingkat Kabupaten Lembata.

Semua peserta tampil membawakan pidatonya dengan cermat dan membuat semua penonton yang hadir terpukau dengan memberikan tepukan tangan yang meriah. 

Setelah melalui penilaian, peserta yang menjuarai perlombaan tersebut adalah sebagai berikut: 

Peringkat I Pidato Bahasa Inggris atas nama Damian Charles Rama Peuobuq dari SMPK St. Pius X Lewoleba; peringkat II atas nama Suciwati S. Nimanuho dari SMPN 4 Nubatukan dan Peringkat III atas nama Yosefina Kasi Purab dari SMP 3 Ile Ape. 

Peringkat I Pidato Bahasa Indonesia atas nama Fransisco Emanuel Ola Raya Witak dari SMPK St. Pius X Lewoleba; peringkat II atas nama Agnes Dwiyanti N dari SMPN Satap Holoriang dan Peringkat atas nama III Maria Y. Wereng dari SMPN 3 Ile Ape. 

Fransisco Emanuel Ola Raya Witak, atau kerap disapa Ciko dengan nada haru mengaku bangga atas pencapaian yang diperoleh bersama temannya dari SMPK St. Pius X Lewoleba. 

Ciko berterima kasih kepada Suster, dan Bapak Ibu Guru pendamping, serta teman-teman yang telah mendukung mereka sehingga bisa mengharumkan nama lembaga sekolah. (Red/ML)

Post a Comment for "Lomba Pidato Peserta dari SMPK St. Pius X Lewoleba Raih Juara Terbanyak"