Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar 4 Gunung Terpopuler di Lembata, Cocok bagi para Pecinta Alam

Potret Alam Indah di Puncak Gunung Uyelewun (Sumber Foto: Facebook Topan Walangsawa

RAKATNTT.COM – Selain ada alam segar di bagian pantai, pulau Lembata di Nusa Tenggara Timur (NTT) juga memiliki 4 gunung terpopuler dan indah.

Daftar 4 gunung terpopuler yang berdiri di atas tubuh pulau Lembata ini sangat cocok bagi liburan para petualang yang amat mencintai alam.

Para pecinta alam sangat dianjurkan untuk bertualang, mendaki ke puncak 4 gunung terpopuler yang ada di Lembata.

Dari daftar 4 gunung terpopuler di Lembata tersebut, beberapa di antaranya pernah masuk daftar Festival 3 Gunung yang digelar pada masa komando Bupati (alm) Eliazer Yentji Sunur.

Tanpa berbelit kata, mari kita mengenal daftar 4 gunung terpopuler yang ada di Lembata, NTT.

1. Gunung Uyelewun

Tak hanya sebatas gunung, bagi orang Kedang yang ada di Kecamatan Omesuri dan Buyasuri, Uyelewun merupakan gunung yang memiliki nilai filosofis dan kearifan lokal tertentu.

Dalam sejarahnya, nama gunung Uyelewun diambil dari nama leluhur agung orang Kedang yang bernama Uyo Lewun.

Uyo Lewun oleh orang Kedang diyakini merupakan leluhur yang melahirkan mereka, menjadikan mereka berlipatganda jumlahnya.

Selain itu, dari legenda, dapat diketahui bahwa asal-usul mayoritas orang Kedang juga berasal dari puncak gunung Uyelewun. Karena itu, antara gunung Uyelewun dan orang Kedang memiliki ikatan yang sangat kuat.

Gunung dengan ketinggian sekitar 1.523 Mdpl ini juga memiliki panorama alam yang indah dengan belantara hutan yang amat luas dan hijau. Di puncak gunung Uyelewun, para pecinta alam bisa menyaksikan keindahan alam dari berbagai arah mata angin, misalnya laut Flores pada bagian utara, laut Sawu di selatan dan gunung Ile ape di bagian barat.

Selain memiliki keindahan alam, gunung Uyelewun juga punya nilai sakralitas. Hal ini terbukti melalui ketersediaan batu-batu sakral yang disebut lapa’ tarang, kuburan kuno dan juga tempat untuk melangsungkan ritual adat.

Lantaran memiliki nilai sakralitas dimaksud, setiap pendaki gunung dilarang untuk melanggar aturan sebagaimana keyakinan warga Kedang, misalnya tidak boleh menebang pohon sembarangan, berbuat mesum, vandalitas dan melakukan kejahatan lainnya.

Pepohonan dengan Dedaunan Hijau di Puncak Uyelewun (Sumber Foto Diko Orolaleng)

2. Gunung Ileape

Ileape, begitulah sebutan yang ditujukan pada salah satu gunung api aktif yang ada di Lembata. Gunung yang terakhir kali meletus pada 2021 ini juga – menurut beberapa sumber disebut Ile Lewotolok – sering dikunjungi oleh para pendaki yang memiliki ketertarikan khusus dengan alam.

Pada puncak gunung Ileape, ada hamparan luas seperti sebuah lapangan bola kaki, makanya (alm) Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur pernah berencana untuk membangun stadion bola kaki di puncak Ileape.

Gunung ini juga masuk dalam daftar Festival 3 Gunung yang penah digelar di Lembata. Bagi para pecinta alam, gunung Ileape merupakan alternatif tempat yang patut Anda kunjungi. Deruh gemuruh di mulut gunung Ileape sesekali terdengar. Sebab, gunung ini masih aktif. Oleh karena itu, para petualang mesti memiliki mental baja untuk mendaki ke puncak Ileape.

Puncak Gunung Ileape (Sumber Foto: Andre Kriting, Facebook Lembata Sejauh Mata Memandang

3. Gunung Ile Werung

Selain Batu Tara dan Ileape, Ile Werung juga masuk daftar Ferstival 3 Gunung di Lembata. Ile Werung sebagaimana sumber dari wikipedia merupakan gunung berapi yang terletak di bagian selatan pulau Lembata. 

Ile Werung merupakan gunung yang muncul setelah letusan hebat gunung Ile Ado Wajo pada tahun 1870. Usai letusan ini, terbentuklah kuba gunung Ile Werung yang secara harafiah berarti “gunung baru”.

Setelah muncul pada 1870, Ile Werung terus tumbuh hingga ketinggian 586 Mdpl. Gunung ini tercatat sudah meletus lebih dari tiga kali. Tepat di atas puncak Ilewerung, para pecinta alam bisa menikmati udara segar dan meneropong pemandangan indah lainnya misalnya lautan dan perbukitan indah yang ada di sekitar Ilewerung.

Gunung Ile Werung (Sumber Foto@Christinaunarajan

4. Gunung Labalekan

Yang terakhir ini adalah gunung Labalekan. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1621 Mdpl sehingga merupakan yang paling tinggi di Lembata.

Sebagai gunung dengan puncak tertinggi di Lembata, tentu Labalekan memiliki panorama yang indah dan udara yang amat sejuk. Gunung ini juga ditumbuhi aneka jenis pepohonan yang membentuk hutan hijau. Karena itu, gunung Labalekan sangat cocok bagi para pecinta alam.

Bagi para pecinta alam yang mau mendaki ke puncak Labalekan, diharapkan bisa menghubungi para tetua atau orang yang sudah tahu jalan menuju puncak Labalekan. Hal ini penting agar para pendaki tidak tersesat.

Puncak Gunung Labalekan (Sumber foto facebook Daminus Veuster)

Labalekan dengan puncak tertinggi di Lembata tentu sangat cocok didaki dan bermalam di puncaknya. Para petualang juga dianjurkan untuk berkunjung secara berkelompok agar situasi terasa ramai dan ada komunikasi di antara para pendaki.

Ayo datang ke Lembata, wahai para pecinta alam dan nikmati sensasi dan panorama empat gunung terpopuler di pulau Lembata. (RO/Red)

 

 

 

Post a Comment for "Daftar 4 Gunung Terpopuler di Lembata, Cocok bagi para Pecinta Alam"