Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Daftar Nama Lokal Orang Kedang, Cocok Sematkan pada Bayimu

Daftar Nama Lokal Orang Kedang, Cocok Sematkan pada Bayimu


RAKATNTT.COM - Nama adalah tanda, begitu kira-kira sebuah pepatah populer yang menegaskan bahwa nama memiliki arti penting. 

Belum diketahui, sejarah awal mulai pemberian nama kepada manusia, tapi kalau kita membaca Kitab Suci, sejak masa Adam, sudah ada nama yang disematkan kepada manusia. 

Di setiap daerah tentu juga memiliki sejarah dan keunikan tertentu terkait dengan pemberian nama kepada manusia, khususnya bayi yang baru lahir. 

Orang Kedang di Lembata, NTT, juga memiliki banyak nama lokal yang sudah ada sejak zaman para leluhur ratusan atau ribuan tahun lalu. 

Jika ditelusuri, nama lokal orang Kedang biasanya diambil dari nama-nama tumbuhan atau juga benda-benda langit. 

Berikut daftar nama lokal orang Kedang yang cocok disematkan pada bayimu sebagai berikut. 

Peu (mangga), ai (kayu), aur (bambu), Odel (keladi), Oro (lontar), Ta' (kelapa), Lia (bintang pagi), Loyo (matahari), Wula (bulan), Ara (labu putih). 

Selain diambil dari nama-nama pohon dan benda langit, ada yang diambil dari nama-nama warna dan juga nama yang tidak punya arti tertentu yang didefinisikan secara harafiah yakni, 

Buya' (putih), miteng (hitam), Boli, Leu (kampung), Rian (besar), Kuma, Ledo, kiri, Peni, Ina', Daten (rusak tapi dalam konteks nama tidak diartikan demikian), Beni, Mado, Retung, Baran, Matan, Bota, Lake, Laba, Dula, Tua' (tuak), Hura', Laka' (melangkah), Moi, Etu', Subang, Ola, Robi, Tinu, Tuto', Letu, Leto, Lipa', Suya, Pitang, Raya, Pulo, Molan, Hingan, Lole', Nowin (sarung), Raba, Ratu, Loli, Derang, dan masih banyak lagi. ***

Post a Comment for "Daftar Nama Lokal Orang Kedang, Cocok Sematkan pada Bayimu"