Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Desa Mahal II Sambut Tahun Baru 2023 dengan Diskusi Bersama, Kades Diapresiasi Warga

Diskusi Bongan Leu di Desa Mahal II, Kecamatan Omesuri, Lembata, NTT, Sabtu 31 Desember 2022


Rakatntt.com – Mahal II merupakan salah satu Desa yang masuk dalam wilayah Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, NTT. Perjalanan Desa ini, dalam sejarahnya pernah dinahkodai oleh bapak Agustinus Leuape, Yohanes Bosko Hereng, Yoseph Boli Leuhapu dan kini oleh Yohanes Guido Tua.

Pada Sabtu 31 Desember 2022, di bawah tema “Diskusi Bongan Leu, Mahal II dalam Refleksi” bertempat di Kantor Desa Mahal II diadakan diskusi bersama antarwarga dan Pemerintah Desa.

Diskusi di penghujung tahun 2022 ini diawali dengan Pengukuhan Pengurus Karang Taruna Desa Mahal II yang dibuka secara resmi oleh Camat Omesuri, Ade Hasan Yusuf yang diwakili oleh Kasi Pemdes, Leonardus Belalawe. Didi Peuobuq dikukuhkan sebagai Ketua Karang Taruna pada kesempatan ini.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Leonardus Belalawe, Camat Omesuri mengapresiasi Kepala Desa Mahal II bersama perangkat yang telah menyelenggarakan beberapa kegiatan di malam tahun baru. Camat juga mengapresiasi kerja kreatif Pemdes Mahal II yang terus mengembangkan potensi alam Mahal II untuk kesejahteraan bersama.

Usai Pengukuhan Karang Taruna, dilanjutkan dengan diskusi “Bongan Leu” yang menghadirkan beberapa pembicara yakni Kades Mahal II, Charles Lambertus Odel selaku Camat Buyasuri yang berasal dari Desa Mahal II dan Abdul Jamil Leuhapu, mantan Sekrtetaris Desa Mahal II yang bekerja selama kurang lebih 32 tahun.

Dalam paparan singkat, Kades Mahal II mengajukan beberapa program prioritas untuk didiskusikan juga menyampaikan hambatan serta tantangan roda Pemerintahan selama 2022, salah satunya memperjuangkan perbaikan infrastruktur jalan dari pusat Desa menuju Angarlaleng.

Sementara itu, Abdul Jamil Leuhapu dalam pembicaraannya menceritakan kembali pengalaman pengabdiannya sebagai Sekretaris Desa selama kurang lebih 32 tahun.

Dengan suara lantang, ia mengharapkan agar Karang Taruna Mahal II mampu menghasilkan uang dengan jalan mengembangkan potensi sayur-mayur yang ada di Desa tersebut. Menurutnya, pemuda harus berusaha.

“Harus berusaha, itu baru pemuda, ini usaha saya (pemuda) bukan usaha bapa saya,” tegasnya.

Tak hanya itu, ia juga mengisahkan kembali pengalaman kerjanya bersama para mantan Kades khususnya Agustinus Leuape yang memanfaatkan anggaran sekitar 50-an juta untuk membuka akses jalan dalam Desa maupun menuju Angarlaleng.

“Kami dulu hanya 50 juta, kamu sekarang satu miliar,” kata Jamil Leuhapu.

Menyambung pendapat Jamil Leuhapu, Charles Lambertus menegaskan perlu adanya BUMDes berbadan hukum. Ia bahkan menyatakan kesediaanya untuk membantu Pemdes mencapai mimpi ini.

Selain itu, sebagai seorang Camat, Charles Lambertus memberikan beberapa catatan penting bagi Pemdes yakni kedisiplinan, manajemen yang sistematis, perencanaan program yang matang agar tidak ada silpa.

“Silpa membuktikan bahwa Pemdes gagal.” Ungkapnya.



Kades Diapresiasi Warga

Pada momen diskusi ini, Kades Mahal II mendapat apresiasi dari warga yang hadir. Ignasius Ite Peuobuq sebagai warga Mahal II mengapresiasi kerja Kades dan perangkat sehingga selama 2022 ini ada banyak hal baik yang sudah dilakukan.

Sebagai warga yang cinta akan kampung halaman, ia juga menyatakan kesediaannya untuk memberikan lahan di depan rumahnya untuk dijadikan pasar harian Desa.

Menanggapi hal ini, Kades Mahal II menyatakan menerima usulan itu tetapi dengan catatan agar didahului dengan berita acara sehingga tidak terjadi konflik horizontal berkepanjangan menyangkut lahan pasar.

Apresiasi yang sama datang dari beberapa warga yang lain, di antaranya, Yohanes Bapa Leuape dan Antonius Laba Umenebon.

Setelah kegiatan ini, Kades kepada Rakatntt menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pembicara, panelis, Okto Odel dan Piter Pulang Orolaleng juga kepada warga yang hadir.

“Kegiatan ini lahir dari ide saya sebagai Kades untuk terus terbuka mencari strategi agar jabatan pelayanan saya  serta keberadaan kami di tengah masyarakat sungguh dirasakan dan memberi dampak pada perkembangan masyarakyat,” ungkapnya. *** (RO)

Post a Comment for "Desa Mahal II Sambut Tahun Baru 2023 dengan Diskusi Bersama, Kades Diapresiasi Warga"