Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menuju 2024, Karang Taruna Desa Mahal Dapat Banyak Sorotan dari Warga Desa

 


RakatNtt.com – Karang Taruna Matan Lama Mangan, Desa Mahal, Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata mendapat banyak sorotan baik berupa apresiasi, harapan maupun kritikan konstruktif dari warga masyarakat Desa Mahal. Dalam kegiatan diskusi terbuka menyongsong tahun baru 2024, Minggu 31 Desember 2023, di halaman Kantor Desa Mahal, Felix Orolaleng, salah seorang warga meminta agar Karang Taruna Mahal bisa membuat program kerja pada tahun 2024 ini. Hal yang sama disampaikan oleh warga lainnya yang hadir memberikan masukan.



Tak hanya tentang program, hal lainnya pun disoroti misalnya tentang ketercerabutan Karang Taruna Mahal dari adat atau tradisi budaya Kedang. Menurut Anton Amo Orolaleng, tradisi budaya sangat penting karena tugas selanjutnya ada di tangan anak muda. Salah satu tradisi budaya yang disoroti misalnya cara menghitung belis (kare’ kong bala). Oleh karena itu, ia mengharapkan agar ada agenda khusus bagi Karang Taruna untuk mengikuti kegiatan pendidikan adat misalnya seminar dll.

Karang Taruna Mahal juga diminta untuk bijak bermedia sosial. Hal ini disoroti baik oleh Ketua BPD Desa Mahal, Martinus Meang Odel maupun oleh Nando Peuobuq, warga Desa Mahal II yang turut hadir pada kesempatan ini. Nando mengharapkan agar generasi muda tidak boleh mengekspresikan diri melalui akun facebook palsu. Ia menyarankan agar ada pendidikan bermedia sosial bagi Karang Taruna. Hal ini penting karena warga Mahal resah oleh kehadiran oknum-oknum tertentu yang menggunakan akun facebook palsu unuk menyerang pribadi tertentu.

Selain masukan, Karang taruna Mahal juga mendapat apresiasi atas partisipasi dan sinergitasnya dalam membangun Desa Mahal.



Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kades Mahal, Fransiskus Beni Orolaleng. Pada kesempatan ini, Kades juga mengharapkan agar Karang Taruna tetap bekerja bersama pemerinah. Selain itu, Ketu BPD Mahal mengharapkan agar KT mesti juga menyiapkan agenda untuk mengikuti latihan kepemimpinan dan pemberdayaan dalam hal politik.

“Ke depan harus ada latihan kepemimpinan, karena pemimpin Desa ke depan ada di generasi muda,” ungkapnya. Ia juga menilai, selama ini, KT lebih fokus bekerja di lapangan (hoing galeka hara rai) tanpa ada kegiatan-kegiatan lain, misalnya pendidikan politik dan kepemimpinan. Pada kesempatan ini juga, Ketua KT Mahal, Eduardus Kopa memabacakan laporan panitia penyelenggara kegiatan sekaligus menyampaikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KT setelah dikukuhkan pada 24 September 2023.

KT sangat aktif dalam kerja membangun Desa, salah satunya membantu Plan Inernasional Indonesia dalam memasang pipa dari mata air wei lari’ menuju Desa Mahal dan Mahal II.

Post a Comment for "Menuju 2024, Karang Taruna Desa Mahal Dapat Banyak Sorotan dari Warga Desa"