Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

SANTAPAN SABDA BUNDA ALLAH 01 Januari 2021

 

 

                    

P. Simeon Bera Muda, SVD

Tema: Sang Berkah melalui Bunda

 Ada rumah makan yang diberi nama berokah artinya berkah, makanannya enak sekali.


 Umat Allah dalam Kristus. Dalam Kitab Bilangan Allah dengan pengantaraan Musa meminta para imam yang adalah anak-anak Harun untuk menyampaikan bahwa Allah menunjukkan wajah-Nya, memberi sinar-Nya yaitu suatu kehadiran yang sangat nyata dan memberi berkat yaitu semua kebaikan yang dibutuhkan manusia. Dengan itu Allah meletakkan nama-Nya di atas Israel.



Pemazmur bernyanyi gembira atas berkat yang Allah berikan berupa jalan Allah yang adalah semua yang Allah berikan supaya Israel menjadi taat dalam seluruh hidupnya. Berkat itu juga berupa keselamatan, tuntunan, pemerintahan Allah sehingga manusia yang tinggal di bumi menjadi takwa yaitu setia menjalankan hidup baik.



Para gembala mengikuti berita malaikat dan pergi bertemu Bayi yang adalah berkat paling besar yang diberikan oleh Bunda penuh berkat Allah itu bagi umat manusia dan dunia. Lalu gembala-gembala kembali sambil memuliakan Allah yang memberikan Berkat paling besar itu dan  menyampaikan juga kepada semua yang lain supaya Berkah itu dialami oleh semua orang, tidak ada kecualian dari semua yang hidup di dunia ini selama hari-hari hidupnya.




Paulus menyampaikan kepada umat Galatia bahwa Allah memberikan berkat yang paling besar kepada dunia, Berkat itu lahir dari seorang perempuan dan  takluk kepada Torat yaitu semua berkat yang Allah berikan sejak memberikan Sepuluh Hukum di Sinai dan dalam seluruh Kitab Suci: semua itu untuk membuat semua orang menjadi anak yang adalah berkat yang dipersembahkan kepada Allah karena Roh Allah yang adalah hidup Allah sendiri memeberi berkat bagi semua manusia yaitu: membuat manusia bisa memanggil Allah sebagai Abba yaitu: Bapa sayang. Dengan itu manusia menjadi pewaris berkat itu.




Umat Allah dalam Kristus. Allah memberi kita Santapan Sabda bahwa bukan tahun baru hari ini yang merupakan berkat yang paling besar melainkan Berkat yang Allah salurkan melalui Bunda Allah, Maria. Yesus juga memberi kita Santapan Tubuh-Darah Yesus sendiri, bersatu dengan kita dan membuat kita memanggil Allah di dalam Roh sebagai Bapa.



Tahun baru kita orang katolik sudah mulai 29 Nopember tahun lalu, hari Minggu Adventus pertama. Dan tanggal 01 Januari 2021 pesta tahun baru dunia. Kita dipenuhi dengan berkat di dalam Bayi yang adalah Allah sendiri yang memberi Berkat yang paling besar supaya kita menjadi berkat yaitu: anak-anak Bapa dan saudara-saudari Yesus yang terus mendapat semua berkat di dalam Berkat paling besar itu.



Kita memulai tahun ini bersama saudara-saudari kita Kristen yang jauh dari Allah, mereka yang tidak mengenal Allah bahkan menolak Yesus sebagai Berkat itu supaya mereka juga bisa menjadi berkat untuk sesama dan tidak hanya di tahun baru melainkan seumur hidup semua orang di dunia menerima dari Allah melalui Maria Bunda Allah, Yesus punya Mama dan Mama kita semua, saudara-saudari Yesus Berkat paling besar di palungan kandang Betlehem, di dunia kita.

*******

Seminari Tinggi santu Paulus Ledalero – PPKKS (Pusat Pelayanan Kerasulan Kitab Suci) Provinsi SVD Ende

Post a Comment for " SANTAPAN SABDA BUNDA ALLAH 01 Januari 2021"