Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

TERKAIT TERSANGKA AWOLOLONG, INI HARAPAN ANAK MUDA LEMBATA

 

Damasus Lodolaleng


 

Informasi mutakhir yang diberitakan oleh berbagai media, Polda NTT secara intern telah menetapkan tersangka di balik proyek raksasa Awololong, Kabupaten Lembata. Informasi ini tentu menjadi kabar gembira di penghujung tahun 2020 bagi masyarakat Lembata.  Namun demikian, nama-nama para tersangka tersebut baru akan diumumkan kepada publik, Senin (21/12) mendatang.

 Merespon hal tersebut, beberapa anak muda Lembata memberi respon positif guna proses benderangnya kasus tersebut. Damasus Lodolaleng, Mantan Ketua Umum Permata Kupang periode 2019/2020 dengan tegas menyatakan, mendukung penuh proses hukum yang sedang berjalan hingga menemukan titik terang. Hal ini, ia sampaikan melalui WhatsApp, Jumad (18/12/2020). 

Dalam pesan singkatnya, ia juga menegaskan dirinya sebagai salah satu anak muda yang berjuang dengan tulus bersama para Mahasiswa Lembata lainnya di Kupang hingga saat ini. Mereka berjuang bukan demi kepentingan pribadi, melainkan demi Lewo Tanah-Leu Awu’ Lembata.

 “Sebagai anak muda Lembata, kita tetap punya harapan penuh dan kepercayaan kepada Polda agar dalam waktu dekat segera mengadakan konferensi pers biar semua masyarakat NTT dan orang Lembata khususnya tahu soal kasus ini,” pesan anak muda enerjik kelahiran Kedang 1996 tersebut.

 Sebagai anak muda penerus masa depan Lembata, Damas, demikian ia disapa, mengajak semua anak muda agar tetap semangat berjuang demi Lewotana Lembata. “Kalau sebagai anak muda, pastinya yang dibutuhkan adalah kepekaan kita untuk merespon situasi Leu Awu’ kita terkini. Bagi pribadi saya, hal yang saya takuti ialah ketika saya masih hidup tapi ada yang mati dalam hal ini semangat perjuangan,” ujar alumnus Universitas Kristen Artha Wacana Kupang tersebut.

 Lebih lanjut, ia mengharapkan agar masyarakat Lembata bergotong-royong, berani dan membuka diri untuk menyelamatkan Lembata demi masa depan generasi baru. “Kita jangan berpikir kenyang dan selesai hari ini tapi bagaimana kita berpikir sepuluh atau dua puluh tahun mendatang, Lewo Tanah ini mau dibawa kemana?,” demikian pesan Damaskus Lodolaleng.

 Selain itu, respon senada disampaikan oleh Anastasia Dulang, Mahasiswi Undana Kupang, Jumad (21/12). Melalui WhatsApp dari Kupang, pemilik Buku Puisi Nyanyian Lontar tersebut mengatakan, berita terkait penetapan tersangka di balik proyek raksasa Awololong merupakan angin segar di akhir tahun yang sangat lama dirindukan oleh masyarakat Lembata dan para pejuang kebenaran. “Ini adalah angin segar akhir tahun yang luar biasa. Bagaimana tidak, momen ini adalah harapan yang sudah lama diidam-idamkan masyarakat Lembata,” Kata perempuan muda dari Kampung Loyo Bohor, Kedang tersebut.


Baca Juga:

berani jadi multatuli apresiasi untuk untuk erna ruing

membaca ulang pemikiran wakil bupati lembata


 

Ati, demikian sapaannya, mengharapkan agar angin segar ini menghantar proses hukum selanjutnya. “Semoga angin segar ini, mengantar proses hukum selanjutnya lebih mekar dalam setiap kabar yang tentunya sangat diharapkan seluruh masyarakat Lembata, sampai palu bergetar di meja hijau,” demikian dari Ati Dulang.

 Tangkap Aktor Awololong

 Selain respon dari dua anak muda di atas, harapan yang sama disampaikan oleh Hedrikus Making dari Maumere, Kabupaten Sikka. Hendrik mengharapkan agar para tersangka yang ditetapkan mesti murni dari kajian hukum sesuai dengan Undang-Undang yang berlaku. Ia tidak mau jika para tersangka dijadikan sebagai korban untuk menyelamatkan aktor utama di balik kasus Awololong.

 “Sebagai anak muda Lembata, saya mengapresiasi kerja keras Polda NTT hingga saat ini demi menyelamatkan Lembata. Semoga para tersangka yang ditetapkan tidak menjadi korban untuk menyelamatkan bos besar yang lebih bertanggung jawab di balik kasus ini. Aktor utama mesti ditetapkan. Itu pesan saya,” ujar Hendrik Making yang juga seorang Mahasiswa aktif pada Sekolah Tinggi Filsafat katolik Ledalero, Maumere.

 Penulis Rian Odel

 

 

 

 

1 comment for "TERKAIT TERSANGKA AWOLOLONG, INI HARAPAN ANAK MUDA LEMBATA"