Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Kesehatan Tubuh di Masa Covid-19, Bisa Dijaga dengan Cara Ini

 

Kesehatan Tubuh di Masa Covid-19, Bisa Dijaga dengan Cara Ini

 

M

enghadapi keganasan virus korona atau Covid-19, tubuh kita mesti selalu sehat. Sebab, jika tubuh kita loyo atau lemah, virus tersebut akan dengan sangat mudah menyerang kekebalan tubuh kita. Ini tentu akan berakibat fatal bagi umur panjang kita, apalagi bagi mereka yang dikategorikan sebagai yang berlanjut usia.

Tubuh kita diibaratkan sebagai rumah yang melindungi para penghuni yang menetap di dalamnya. Jika tubuh kita kuat dan tegar, niscaya organ-organ yang ada di dalam tubuh kita akan dilindungi dan sulit diserang oleh virus korona. Oleh karena itu, kesehatan tubuh di masa pandemi covid-19, sangat penting. Ada beberapa langkah yang mesti kita lakukan agar tubuh kita tetap sehat.

Pertama, berolahraga

Aktivitas rutin berolahraga merupakan salah satu langkah yang sangat tepat kita lakukan di masa pandemi ini. Olahraga menjadi sebuah keharusan, bahkan bukan hanya ketika kita berada di tengan lingkaran jahat virus korona. Sebab olahraga sesungguhnya harus dilakukan secara rutin untuk menjaga kebugaran tubuh kita, dimana dan kapan saja.

Batasan sosial, atau bekerja dari rumah, menjaga jarak dan langkah-langkah protokol kesehatan lainnya membuat kita lebih banyak meluangkan waktu di dalam rumah. Hal ini tidak mesti membuat kita terpaku pada kegiatan-kegiatan tertentu saja dan melupakan olahraga. Oleh karena itu, walaupun kita betah di rumah, olahraga wajib kita lakukan.

Ada beberapa jenis olahraga ringan yang mesti kita lakukan yakni, push up, sit up, lopas atau juga berjalan kaki. Khusus untuk olahraga berjalan kaki, kita bisa menggunakan waktu setiap hari selama tiga puluh (30) menit. Kita bisa berjalan kaki mengelilingi rumah, atau bisa juga berjalan kaki ke kebun dan tempat-tempat lainnya yang  bebas dari kerumunan banyak orang.

Kedua, minum banyak air

Air merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Bahkan sesuai ilmu kesehatan, tubuh kita sangat membutuhkan air ketimbang makanan. Dengan demikian, minum banyak air merupakan langkah tepat untuk tetap menjaga kesehatan tubbuh kita.

Anda bisa mengonsumsi air hangat di pagi hari dan air putih segar di siang hari. Tergantung kebutuhan anda. Namun perlu diingat, air hangat sangat dibutuhkan oleh tubuh khususnya pada pagi hari, apalagi kita sedang berada di musiam hujan. Minumlah banyak air agar tubuh tetap segar. Orang yang malas minum air, tubuhnya akan cepat loyo dan ini memberi peluang bagi virus korona untuk mengunjungi tubuhnya.

Ketiga, makan makanan sehat

Makanan sehat yang saya maksudkan di sini ialah makanan yang alami bukan produk di toko. Anda yang menetap di kota, barangkali kesulitan untuk mendapatkan makanan alami. Namun, anda bisa menempuh cara lain dengan membelinya di pasar dan tetap memerhatikan protokol kesehatan.

Sedangkan anda yang menetap di Desa atau di kampung tentu persediaan makanan alami sangat banyak. Makanan alami yang saya maksudkan di sini, misalnya, buah-buahan – pisang, pepaya, jeruk – dan juga sayuran segar – kelor, daun pepaya, kangkung dan lain-lain. Khusus untuk sayuran segar, jangan lupa juga cara memasaknya. Anda perlu mengurangi bumbu-bumbu toko seperti ajinomoto dan masako.

Saya menganjurkan agar sayur daun pepaya bisa direbus dan minum airnya. Sebab, air daun pepaya sangat bermanfaat untuk menjaga stabilitas tubuh. Bukan hanya untuk mencegah kedatangan korona melainkan juga demam berdarah. Jangan lupa, daun kelor. Sayur ini sangat banyak ditemukan di berbagai daerah, khususnya di Nusa Tenggara Timur. Namun, sayang, seringkali orang malas tahu dengan manfaat sayur ini. Makanya, banyak yang malas mengonsumsinya dan lebih banyak dijadikan sebagai makanan ternak.

Keempat, mematuhi protokol kesehatan

Di masa pandemi ganas ini, kita dituntut untuk tetap rendah hati dalam rangka mematuhi protokol kesehatan sebagaimana yang sudah diarahkan oleh tim media maupun dari Pemerintah. Memang, kadangkala kita bosan menjalankan arahan tim medis tetapi perlu diingat bahwa kesehatan tubuh kita tidak bisa dibeli dengan uang. Kesehatan tubuh kita hanya bisa dijaga oleh diri kita sendiri. Karena itu, tetap menjaga jarak satu meter, menghindari kerumunan banyak orang, memakai masker, mencuci tangan dan seterusnya.

Semoga beberapa langkah ini membantu kita untuk tetap menjaga stabilitas tubuh kita di masa pandemi Covid-19. Terimakasih.

Post a Comment for "Kesehatan Tubuh di Masa Covid-19, Bisa Dijaga dengan Cara Ini"