Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Dia yang Bangkit Membuktikan dari Kitab Suci

Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero – PPKKS (Pusat Pelayanan Kerasulan Kitab Suci) Provinsi SVD Ende. Oleh Simeon Bera Muda, SVD

SANTAPAN SABDA MINGGU PASKAH IIIB: 18 APRIL 2021

Tema: Dia yang Bangkit Membuktikan dari Kitab Suci



Satu orang anak PAUD atau TKK selalu bertanya: “Apa itu?” Dan orangtua atau guru jelaskan.

Umat Allah dalam Kristus.   Pemazmur bertanya dalam susah: “Siapa yang akan turunkan berkat?” Jawabannya adalah: Allah yang adil melihat  umat-Nya dalam keadaan susah lalu menjawab pertanyaan umat dengan melakukan karya besar yaitu menyinari umat dengan cahaya wajah Allah sendiri.

Kedua murid di dalam injil Lukas yang pergi ke Emaus itu yang sudah bertemu dan mengenal Yesus. Kedua murid itu kembali ke Yerusalem dan bertemu dengan murid-murid lain yang sedang sedih dan bertanya-tanya tentang nasib mereka sesudah Yesus mati disalibkan.

Dalam keadaan itu, Yesus datang dan meyakinkan para murid itu bahwa Dia sudah bangkit sambil menunjukkan kaki dan tangan bekas luka penyaliban.

Yesus datang dan membuat para murid itu mengerti bahwa Yesus adalah benar-benar Yang Disalibkan itu tetapi bangkit. Yesus bukan hantu.

Seperti Allah dalam Pemazmur menyinari wajah Allah pada umat demikian juga Yesus menampakkan diri kepada para murid dan megutip Kitab Suci bahwa Dia sungguh Mesias, Orang Urapan Allah yang menderita, mati di salib tetapi bangkit.

Yesus membuat para murid itu saksi yaitu: orang yang membawa pertobatan dan pengampunan dosa kepada semua orang.

Di dalam Kisah para Rasul Petrus berkhotbah kepada orang banyak bahwa Yesus yang adalah Pemimpin kepada hidup telah disalibkan dan mati tetapi Allah membangkitkan Yesus. Maka sekarang Yesus ada dan tinggal bersama umat untuk membuat umat sadar dan bertobat supaya dosa mereka diampuni.

Demikian juga Yohanes di dalam suratnya menyebut bahwa Yesus adalah pendamaian untuk dosa manusia maka manusia mengenal Allah dan hidup dengan menuruti perintah Allah, tidak menjadi pendusta melainkan menjadi sempurna.

Umat Allah dalam Kristus. Kita juga mengalami susah karena belum punya iman yang cukup akan kebangkitan. Juga kita belum bisa bangkit melepaskan dosa-dosa kita untuk suatu hidup yang lebih baik.

Dalam keadaan kita ini, Allah memberi kita Santapan Sabda Allah supaya bersama Israel mengalami Allah menyinari kita dengan wajah Allah sendiri dan Yesus yang bangkit itu meyakinkan kita bahwa Yesus sungguh bangkit sehingga kita juga bisa bangkit dari apa saja dalam hidup kita.

Yesus yang juga makan memberi kita Santapan Tubuh-Darah Yesus sendiri sehingga kita bisa menjadi saksi, bisa mengusahakan pertobatan dan pengampunan dosa, bisa mengenal Allah dan mengikuti perintah Tuhan dengan lebih baik untuk menjadi sempurna hidup di dalam kebangkitan.

 

Post a Comment for "Dia yang Bangkit Membuktikan dari Kitab Suci"