Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Dibaharui dan bangkit Bersama Kristus

Seminari Tinggi Santu Paulus Ledalero – PPKKS (Pusat Pelayanan Kerasulan Kitab Suci) Provinsi SVD Ende; SANTAPAN SABDA HARI SABTU KUDUS 2021; Tema: Dibaharui dan bangkit Bersama Kristus



Di dalam bahasa Sikka, matahari terbit disebut lero bekor. Juga bau bekor artinya: beringin yang tumbang lalu hidup lagi.

Umat Allah dalam Kristus. Bangsa Israel merayakan Paskah pada hari bulan purnama yaitu hari keempat belas menurut peredaran bulan yang di langit itu. Bulan purnama terbit waktu matahari terbenam dan terbenam waktu matahari tertbit.

Sepanjang malam bangsa Israel menceriterakan sejarah mereka sejak Allah menciptakan langit dan bumi, panggilan bapa Abraham, Mesir dan keluaran, perjalanan di padang gurun, hidup di tanah terjanji di bawah raja-raja lalu para nabi, pembuangan dan kembali dari pembuangan.

Kalau Paskah Yahudi dirayakan hari apa saja tergantung dari hari keempat belas itu, Paskah Kristen dirayakan hari Sabtu pada hari atau sesudah bulan purnama.  Begitu juga umat Kristen merayakan Paskah dengan berceritera dalam tujuh bacaan PL lalu bacaan pertama dan injil tentang kebangkitan.

Dari ketujuh bacaan PL bisa dipilih dua atau tiga tetapi isinya sejak penciptaan dan seluruh PL sampai PB dan berpuncak pada kebangkitan Yesus.

Allah menciptakan segala sesuatu menjadi baru dan baik lalu manusia rusakkan dalam dosa. Tetapi alalah selalu ciptakan baru. Yesus datang untuk membuat segala sesuatu menjadi baru dengan menghancurkan dosa sampai badan Yesus juga hancur dalam kematian pada  salib tetapi Yesus kemudian bangkit, hidup kembali seperti diceriterakan Markus bahwa  yang menyaksikan kubur kosong adalah Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus dan Salome yang bertemu seorang pemuda dengan pakaian putih yang menyampaikan bahwa Yesus bangkit dan mendahului para murid ke Galilea.

Paulus yang tidak pernah hidup bersama Yesus menyampaikan kepada orang Roma bahwa Yesus membuat semua orang mati dalam pembaptisan supaya tubuh dosa manusia hancur terhadap dosa dan terus hidup bagi Allah dalam Kristus Yesus.

Umat Allah dalam Kristus. Kita merayakan malam Paskah dengan mengarak Yesus Terang yang menghalaukan kegelapan dan dosa. Yesus itu diagungkan di dalam lagu pujian. Yesus memberi Santapan Sabda tentang seluruh sejarah hidup kita sebagai orang Kristen.

Hidup yang kita terima sejak pembaptisan dan kita baharui janji baptis kita supaya kita hancurkan dosa dan hidup baru bersama Yesus. Dan Yesus yang bangkit itu memberi kita Santapan Tubuh-Darah Yesus sendiri supaya kita dibaharui dan terus hidup bersama Yesus yang hidup kembali sesudah kematian-Nya. Maka kita saling mengucapkan: Selamat pesta Paskah. Mari kita bangkit bersama Kristus!    

 

Post a Comment for "Dibaharui dan bangkit Bersama Kristus"