Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Rahasia Sukses Dapat Jutaan Rupiah dari Blog

Rahasia Sukses Dapat Jutaan Rupiah dari Blog


Mengapa harus menjadi blogger? Atau untuk apa menjadi seorang blogger? Adakah keuntungan dan kepuasan tersendiri menjadi blogger?

Kira-kira beberapa pertanyaan di atas pernah berseliweran dalam batok kepala saya ketika mengenal istilah blog atau blogger – sebutan untuk orang yang punya blog.

Awal mula saya mengenal blog yakni sekitar tahun 2018. Waktu itu, saya memiliki sedikit minat menjadi seorang penulis. Karena itu, saya wujudkan minat tersebut dalam bentuk artikel yang terbit pada beberapa media lokal di Nusa Tenggara Timur.

Minat ini semakin terasah ketika saya mengenal dan mencintai blog. Mulanya saya melihat banyak kakak atau teman saya yang memposting tulisannya lewat blog pribadi mereka. Mayoritas mereka berkuliah di tanah jawa atau bekerja di luar NTT.

Ketika membaca banyak tulisan mereka pada blog pribadi, saya mulai tertarik. Apalagi mereka selalu memposting artikel blog ke media sosial, facebook khususnya dengan tampilan foto yang menarik pula. Akhirnya, saya berkenalan dengan seorang kakak yang juga berasal dari Kedang, Lembata, tempat asal saya.

Dia akhirnya merespons pertanyaan saya dengan sangat antusias. Waktu itu, saya memberitahukan kepadanya bahwa saya ingin menulis artikel tentang sejarah dan kearifan lokal orang Kedang agar diketahui oleh orang banyak. Serentak dia menanggapinya dan berjanji akan membimbing saya sampai sukses menjadi blogger.

Ia pun membuat satu blog dengan tampilan sederhana dan membimbing saya mulai cara membuka blog sampai memposting artikel. Selama kurang lebih sebulan saya belajar padanya melalui Whatsapp, selebihnya saya otodidak.

Pengalaman ini mengajarkan saya soal kesetiaan dan ketekunan dalam mencari tahu hal-hal baru khususnya yang berkaitan dengan internet yang serba canggih. Saya semakin terbantu karena banyaknya tutorial blog yang ada dalam youtube. Sebut saja timon adiyoso atau mastimon yang sangat setia dan ulet menampilkan tutorial blog bagi para blogger pemula.

Saya semakin semangat menulis artikel pada blog setelah mengetahui bahwa blog bisa menghasilkan uang jutaan rupiah bagi blogger. Semangat ini terus terasah hingga blog saya diterima oleh google adsense. Setelah menerima adsense, saya juga berusaha sendiri untuk mengatur tampilan blog saya.

Hampir setiap hari saya duduk di depan leptop dan menonton tutorial blog. Akhirnya, saya berhasil mengubah tampilan atau template blog menjadi lebih indah dipandang  mata pembaca.

Kini, saya sudah bisa mendapat penghasilan dari blog walaupun nilainya masih sangat kecil. Namun, ada pepatah mengatakan: sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Pepatah ini mendorong saya untuk tetap setia menulis pada blog.

Saya juga sudah bisa membantu teman-teman lain untuk membuat blog mereka dan mengubah tampilan blog mereka menjadi lebih indah. Akhirnya, saya hanya mau bilang, untuk menjadi blogger sukses butuh kesabaran dan keuletan. Jangan putus asa tetapi tetap berjuang sebab zaman sekarang google sudah menyediakan aneka kemudahan bagi blogger.

Initinya ialah harus punya komitmen dan tidak cepat bosan apalagi putus asa dan hasilnya blog kita mubazir. Ayo, terus menulis pada blog mulai dari hal-hal kecil tentang pengalaman pribadi atau cerita tentang keunikan di Kampung atau Desa sendiri agar diketahui oleh banyak orang.

Post a Comment for "Rahasia Sukses Dapat Jutaan Rupiah dari Blog"