Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Perbedaan Generasi Milenial, Z, Alfa, Veteran dan Lain-Lain

Perbedaan Generasi Milenial, Z, Alfa, Veteran dan Lain-Lain

Generasi X lahir pada rentang waktu antara tahun 1960-1980. Generasi ini memiliki ciri khas unik yakni suka akan risiko dan pengambilan keputusan yang matang akibat pola asuh dari generasi sebelumnya (baby boomers).

Akibatnya, nilai-nilai pengajaran dari generasi baby boom masih melekat. Generasi baby boom adalah generasi yang lahir antara tahun 1946-1960. Generasi ini, lahir bertepatan dengan peristiwa perang dunia kedua berakhir sehingga perlu penataan ulang kehidupan.

Disebut baby boom karena di era tersebut, kelahiran bayi sangat tinggi. Generasi tertua adalah veteran yang lahir kurang dari 1946. Generasi veteran memiliki banyak sebutan lain, misalnya, silent generation, traditionalist, dan matures.

 Selain itu, ada dua generasi yang lahir setelah generasi milenial. Kedua generasi tersebut yakni Z dan alfa.  Generasi Z lahir antara tahun 2001-2010. Generasi ini merupakan peralihan dari generasi Y pada saat teknologi sedang berkembang pesat. Pola pikir mereka cenderung serba instan.

Terakhir, generasi alfa (alpha) yang lahir setelah tahun 2010 hingga sekarang. Generasi ini merupakan lanjutan dari generasi Z yang sudah  terlahir pada saat teknologi berkembang semakin pesat. Mereka sudah mengenal dan sudah berpengalaman dengan gadget, smartphone dan kecanggihan teknologi lainnya ketika usia yang masih dini.

Selanjutnya, generasi milenial (Y) adalah masyarakat yang lahir antara tahun 1980-2000. Kelompok milenial juga sangat melekat dengan media digital yang membuat mereka sangat kreatif dan produkstif, misalnya menjadi blogger atau youtuber milenial.

Post a Comment for "Perbedaan Generasi Milenial, Z, Alfa, Veteran dan Lain-Lain"