Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

PKG PAUD Adonara Barat Gelar Kegiatan Susun Perangkat Pembelajaran PAUD



Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu program pemerintah yang menaruh perhatian besar terhadap anak-anak usia pra sekolah dalam memperoleh pendidikan, baik di Lembaga formal maupun nonformal.

Peran Lembaga pendidikan menjadi tuntutan kemajuan perkembangan anak usia dini. Salah satunya kompetensi yang dimiliki oleh pendidik. Sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran bersama anak-anak di sekolah ataupun melalui pembelajaran online, guru dituntut untuk terlebih dahulu mempersiapkan perangkat pembelajaran.

Menyadari hal ini sangat penting, Pusat Kegiatan Gugus atau disingkat PKG PAUD Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur, NTT merancang sebuah kegiatan untuk menyusun perangkat pembelajaran, dengan menghadirkan  guru senior dari PKG lain sebagai narasumber. Kegiatan yang sedianya akan dilaksanakan selama dua hari ini, ditanggap baik oleh narasumber setelah dihubungi oleh ibu Maria Imaculata Erniwati selaku ketua PKG PAUD Kecamatan Adonara Barat. Dalam komunikasi bersama narasumber, disepakati bahwa kegiatan akan dilaksanakan pada Jumad dan Sabtu, tanggal 1 dan 2 oktober 2021 yang bertempat di TKK Hurung, kecamatan Adonara Barat.

Ibu Ance Hayon, kepala sekolah TKN 1 Adonara Timur dan Ibu Helena Benga Tokan, kepala sekolah TKN 1 Witihama, sebagai narasumber dalam kegiatan ini. Dalam sapaan pembuka, ibu Maria Imaculata Erniwati, selaku ketua PKG PAUD Kecamatan Adonara Barat menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Ance dan ibu Helen yang sudah jauh-jauh dari Adonara Timur dan Witihama untuk membantu mengembangkan kompetensi pendidik yang ada di kecamatan Adonara Barat dan besar harapan untuk semua tenaga pendidik PAUD di kecamatan Adonara Barat, untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.

Sebagai narasumber pertama, ibu Ance menyampaikan materi berkaitan dengan empat kompetensi dasar yang dimiliki seorang pendidik PAUD, diantaranya kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Dalam kompetensi pedagogik, seorang pendidik dituntut untuk bisa merancang kegiatan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran, dan pengembangan  peserta didik.

Sebagai narasumber, ibu Ance menyampaikan apresiasi kepada PKG PAUD Adonara Barat yang berani untuk mau mengakui kekurangan, mau untuk belajar, mau untuk berubah, dan mau untuk maju demi kecerdasan peserta didik.

Kegiatan berlanjut dengan materi yang disampaikan oleh ibu Helen. Kali ini, ibu Helen mengupas materi yang berkaitan dengan kompetensi guru yang berada pada standar isi, standar proses dan standar penilaian pendidikan. Seorang pendidik harus mampu merancang segala kegiatan pembelajaran, termasuk media yang digunakan pada saat kegiatan bermain sambil belajar. Pendidik tidak bisa berdiri didepan kelas tanpa acuan yang sudah dibuat, pendidik perlu mempersiapkan diri sebelum berada didepan kelas. Sebagai seorang pendidik bukan berarti berhenti belajar. Guru yang baik adalah guru yang terus belajar dan terus mengasah kemampauannya demi mecerdaskan peserta didik.

Kami belum terlambat, kami bisa, kami maju dan kami mencintai anak-anak didik kami,” demikian kata ibu ketua PKG PAUD Adonara barat mengakhiri sambutan penutup. (A Karwayu)

 

Post a Comment for "PKG PAUD Adonara Barat Gelar Kegiatan Susun Perangkat Pembelajaran PAUD"