Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menjaga Stabilitas Pilkades Mahal, HAMMA Adakan Diskusi



RAKATNTT-Lewoleba, Pada Senin (8/11/2021) mendatang, Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Lembata akan berlangsung. Desa Mahal, Kecamatan Omesuri, sebagai salah satu Desa yang terlibat dalam pesta demokrasi tersebut pun akan melakukan pencoblosan. Isu-isu liar seputar gerakkan golput massal pun mulai beredar yang memengaruhi stabilitas politik di Desa tersebut. Bukan hanya itu, pasca-pengunduran diri Bakal Calon nomor urut 3 juga Panitia Pilkades, mulai tersebar isu-isu miring lainnya, misalnya ada keluhan dari Panitia baru bahwa ruang gerak mereka untuk mendapat dokumen-dokumen resmi dari Panitia lama pun terkesan mendapat hambatan dan lain-lain.

Untuk merespons situasi menjelang Pilkades Mahal 2021, Himpunan Muda Mahasiswa Mahal (HAMMA) mengadakan diskusi daring dengan menghadirkan lima (5) orang pembicara. Para pembicara yang dimaksud yakni Ferdinandus Leu, Pieter P. Orolaleng, Oktovianus S. Odel, Simeon Lake Odel, dan Romo Paulus B. Hobamatan, Pr. Kegiatan ini akan diadakana pada Rabu (3/11), pukul 18.30 WITA sampai selesai.

Selain itu, kegiatan tersebut akan dibuka secara resmi oleh Ketua BPD Mahal, Martinus Meang Odel, kemudian peserta akan mendengarkan penjelasan tambahan dari Ketua Panitia, Paulus Pati Hobamatan dan Pengawas Panitia, Kosmas Kopaq Odel.

Sedangkan para penanggap datang dari perwakilan Mahasiswa Mahal yang tersebar di berbagai wilayah yakni Flores, Kupang, Jawa juga ada perwakilan generasi muda Mahal. Tidak lupa pula, sebelum para pemateri berargumentasi, diberi kesempatan kepada dua orang Calon Kades Mahal, Abdul Jamil Hobamatan dan Fransiskus B. Orolaleng untuk menyampaiakan isi hati. Kegiatan ini akan dipimpin oleh Mathias Mole Hobamatan sebagai moderator.

Mari Kita Junjung Tinggi Pesta Demokrasi

Michael Ulun Orolaleng sebagai koordinator mengatakan, diskusi ini lahir untuk merespons situasi politik menjelang pemilihan Kepala Desa Mahal dengan harapan bisa menjadi media edukasi dan informasi dalam pengendalian kesenjangan dalam komunitas Desa Mahal. Selain itu, ia juga mengharapkan agar diskusi ini bisa berlabuh pada kesadaran masyarakat Desa agar tetap menjaga keamanan dan kedamaian menjelang Pilkades maupun pasca-Pilkades.

Ulun juga mengajak segenap penduduk Mahal baik yang ada di Desa maupun di tempat lain untuk menjunjung tinggi pesta demokrasi ini agar bisa menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

 

Post a Comment for "Menjaga Stabilitas Pilkades Mahal, HAMMA Adakan Diskusi"