Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Apa Itu Guru Penggerak? Ini Penjelasannya

Apa Itu Guru Penggerak? Ini Penjelasannya

Rakatntt.com - Guru Penggerak adalah program pendidikan kepemimpinan bagi guru yang bersifat transformatif, diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia yang dimulai tahun 2020.

Guru Penggerak bertugas untuk mencatat perkembangan peserta selama pendidikan secara daring, pendampingan selama pendidikan, serta memberikan motivasi dan membantu peserta dalam menjalankan perannya.

Saat mengikuti Pendidikan Guru Penggerak, Anda bisa memperoleh manfaat untuk pengembangan kompetensi melalui program lokakarya.
Lokakarya yang dimaksud adalah pelatihan secara daring, konferensi, hingga pendampingan penuh secara gratis bagi calon guru penggerak.
Perlu diketahui bahwa hari ini 10 Januari 2022 adalah hari terakhir pendaftaran CGP angkatan 9. Kuota angkatan 9 dibuka sebanyak 20.000 guru. 

Data terbaru dari Guru Penggerak kabupaten Lembata, NTT yakni progres pendaftaran calon penggerak angkatan 9, Selasa 09 Januari 2023 Pukul 20.44 WITA, persentase jumlah pendaftaran 7,5 %.

Apakah Anda sudah mendaftar? Jangan takut sobat, masih ada waktu beberapa jam lagi. Tetap semangat guru-guru hebat se-Indonesia.

Untuk mengikuti program Guru Penggerak, Anda wajib tahu beberapa hal yang harus anda lengkapi baik CURRICULUM VITAE maupun Esai.
Apakah anda masih bingung bagaimana merangkai maksud dan tujuan Anda menjadi sebuah esai yang merupakan salah satu persyaratan pendaftaran Calon Guru Penggerak tahap 1? 

Dalam esai ada beberapa pertanyaan yang Anda harus jawab sesuai apa yang sudah Anda alami atau anda kerjakan. Banyak guru yang sudah mempunyai kreativitas yang tinggal dalam dunia pendidikan dan mempunyai niat untuk mengikuti program Guru Penggerak namun kesulitan dalam menulis esai.
Ada beberapa pertanyaan yang Anda harus selesaikan dalam bentuk esai, salah satunya adalah apa motivasi bapa ibu guru mengikuti program Guru Penggerak?

Nah, berikut 5 contoh motivasi mengikuti program Guru Penggerak.


1. Meningkat Potensi Diri

Saya mempunyai motivasi untuk mengikuti program Guru Penggerak. Motivasi saya adalah saya ingin meningkatkan potensi diri saya agar menjadi guru yang kompeten dan bermanfaat baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. 

Upaya saya dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan mengikuti program Guru Penggerak ini. Sebab dalam program ini membantu saya untuk meningkatkan skill kepemimpinan yang saya miliki.

2. Meningkatkan kompetensi Peserta Didik

Motivasi saya menjadi Guru Penggerak adalah karena saya ingin meningkatkan kompetensi belajar peserta didik. Dengan melaksanakan pendidikan yang berpusat pada peserta didik, saya berharap hal tersebut bisa membantu meningkatkan kompetensi yang dimiliki oleh peserta didik.

Hal ini bisa saya lakukan ketika terpilih menjadi Guru Penggerak. Dengan menjadi Guru Penggerak berarti menjadi pemimpin pembelajaran yang mempunyai tugas untuk mendorong tumbuh kembang peserta didik secara holistik demi meningkatkan kompetensinya.

3. Menjadi Penggerak bagi Rekan Sejawat

Motivasi saya menjadi Guru Penggerak adalah karena saya ingin turut berperan aktif dalam meningkatkan semangat rekan-rekan guru lainnya agar lebih semangat dalam mengajar dan mengembangkan kualitas pembelajarannya.

4. Mengajukan Pendidikan Indonesia
Saya mengikuti program Guru 

Penggerak karena saya memiliki keinginan untuk turut berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia yang lebih maju dan baik.

Harapan saya bahwa dengan bergabung bersama Guru Penggerak, saya bersama Guru Penggerak lainnya bisa berkolaborasi membangun inovasi baru yang bisa bermanfaat bagi pendidikan dan memberikan solusi terhadap tiap permasalah yang sedang dihadapi agar pendidikan Indonesia lebih maju.

5. Membantu Menyelesaikan Masalah Pendidikan

Motivasi saya mengikuti Guru Penggerak adalah karena saya ingin membantu dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh rekan guru dalam dunia pendidikan. Kondisi pembelajaran yang tidak berkembang dan kurang kondusif mendorong saya untuk turut memperbaiki hal tersebut. (OB)

Post a Comment for "Apa Itu Guru Penggerak? Ini Penjelasannya"