Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tanam 1000 Pohon, Kolaborasi Umat Katolik dan Pemdes Mahal II Jaga Mata Air Wei Lari'

 

RakatNtt.com - Hari Sabtu, 11maret 2023 dilaksanakan kegiatan menanam 1000 pohon di mata air Wei Lari'. Kegiatan ini adalah bentuk kerjasama antara Pemdes Mahal ll, dengan pengurus Dewan pastoral stasi santu Petrus Hobamatan.

Tanam 1000 Pohon, Kolaborasi Umat Katolik dan Pemdes Mahal II Jaga Mata Air Wei Lari'


Kegiatan ini melibatkan karang Taruna Desa Mahal dan desa Mahal ll, Orang Muda Katolik (OMK), Pemdes Mahal  dan Mahal ll, para Guru dan siswa/i SDK Hobamatan.

Kegiatan ini sebagai aksi nyata mendukung tema aksi puasa Pembangunan gereja katolik Keuskupan Larantuka yakni "Keadilan Ekologis sebagai Ekspresi Iman."

Oktovianus Saruang Odel, Pendamping profesional Desa Kecamatan Omesuri dan umat stasi santu Petrus Hobamatan yang ikut hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi Pemdes Mahal ll yang telah bekerjasama dengan Gereja dan masyarakat melakukan aksi nyata penanaman 1000 pohon, di mata air Wei Lari' Desa mahal ll.

Oktovianus Odel mengatakan, "Setidaknya Pemdes Mahal ll telah memulai upaya untuk mewujudkan pencapaian SDGS Desa ke 13 yaitu Desa tanggap perubahan iklim," ungkap pria berkacamata itu.

Kades Mahal ll, Yohanes Guido Tua menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat desa Mahal ll, umat katolik santu Petrus Hobamatan, Ketua Yayasan Rumah Air Mandiri (Y-RAM)NTT, anggota Danramil 1624-04 Lembata Timur, Kepala Sekolah SDK hobamatan bersama guru dan siswa kelas 5 dan kelas 6 SDK Hobamatan.

"Sebagai Kepala Desa saya akan membuat program lanjutan untuk setiap tahun, sehingga pohon yang telah ditanam tetap dijaga dan pohon yang mati akan ditanam kembali. Kegiatan ini juga sebagai bentuk partisipasi dan dukungan terhadap Yayasan Plan International Indonesia dan Yayasan Rumah Air Mandiri (Y-RAM) NTT, yaitu penyediaan air bersih di desa Mahal l dan desa Mahal ll, yang bersumber dari Mata air Wei Lari' desa Mahal ll, Kecamatan Omesuri.       

Menjaga alam, menjaga napas generasi


Alfred Atidja, Ketua Yayasan Rumah Air Mandiri NTT mengharapkan kepada masyarakat Desa Mahal ll dan umat katolik st santu Petrus Hobamatan yang melakukan aksi nyata menanam pohon mahoni dan jenis tanaman penahan air agar tidak hanya menanam tetapi kegiatan lanjutan untuk memastikan tanaman yang ditanam tetap menjadi pelindung mata air.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kades Mahal, Fransiskus Beni Orolaleng bersama aparat Desa terkait.

 
(Kontributor Guido Tua/Editor Redaksi)

Post a Comment for "Tanam 1000 Pohon, Kolaborasi Umat Katolik dan Pemdes Mahal II Jaga Mata Air Wei Lari'"