Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menengok Potensi Rumput Laut di Pantai Angarlaleng

 

RakatNtt.com - Dalam rangka menyongsong HUT ke 77 bhayangkara, Pemerintah  Desa Mahal ll dan Karangtaruna Desa Mahal ll melakukan kerja bakti bersama (Minggu 18/6/2023).



Dalam kerja bakti tersebut, mereka melakukan pembersihan pantai Angarlaleng dan panen rumput laut bersama.

Pantai Angarlaleng terletak di Desa Mahal ll, Kecamatan Omesuri, Lembata, berjarak 4 km dari pusat desa ke arah selatan. Pantai ini merupakan satu kesatuan dari bentangan pasir putih sepanjang 3 km. 

Selain menawarkan pesona laut biru jernih yg  berhadapan langsung dengan selat Marica dan palau Rusa (kab Alor), pantai Angarlaleng juga mempuyai kekasan karena di pinggirnya di tumbuhi pohon Malapari yang sudah ada sejak puluhan tahun. Sebagian besar penduduk Mahal ll memanfaatkan pantai untuk budidaya rumput laut yang tumbuh subur di daerah ini.

Aktivitas lain yang dilakukan di pantai ini adalah melaut namun bersifat temporal ketika air laut surut (meti mayaq). Berwisata merupakan daya tarik yg bisa dioptimalkan di tempat ini. Berjemur di pasir putih, berenang, berbaur dengan masyarakat pembudidaya rumput laut (livingculture). 



"Angarlaleng luar biasa; mari kita jaga pantai ini dari aktivitas pemboman ikan, buang sampah sembarangan khususnya sampah plastik, penambangan pasir laut, jaga habitat yang tumbuh sepanjang pantai Angarlaleng," ajak Kades Mahal II, Yohanes Guido Tua. 

Kades Mahal ll juga menyampaikan apresiasi kepada Polres Lembata yang menyelenggarakan lomba ekowisata dalam rangka hari bhayangkari ke 77 tingkat Kab Lembata.

"Bahwa dengan kegiatan ini bukan siapa yang juara tetapi partisipasi dan peran serta yg melibatkan seluruh komponen masyarakat Lembata dalam medukung kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya, ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan." (Guido)***

Post a Comment for "Menengok Potensi Rumput Laut di Pantai Angarlaleng"