Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

HUT PGRI ke-78 dan Makanan Lokal di SMAK Yakobus Rasul Lewoleba

 


RakatNtt.com – HUT PGRI ke 78 dan peringatan Hari Guru Nasional dirayakan dengan amat meriah di Sekolah Menengah Agama Katolik Santo Yakobus Rasul Lewoleba (SMAK), pada Sabtu 25 November 2023. Upacara bendera dilaksanakan tepat pukul 08.00 Wita tatkala mentari mulai menyengatkan sinarnya ke bumi. Warga SMAK Yakobus Rasul yang hadir dalam memeringati momen ini tampil beda dengan berbusana daerah Lembata. Pembawa upacara bendera, semuanya diambil alih oleh para guru.



Kepala Sekolah SMAK Yakobus Rasul Lewoleba, Simplisius Chandri Kia, tampak melilitkan seledang adat di lehernya. Sarung khas Lembata menambah tampilan elok pada tubuh pimpinan sekolah yang menjadi Pembina Upacara. Usai membacakan sambutan, Upacara dilanjutkan hingga berakhir. Aneka acara kreatif mulai ditampilkan di panggung utama. Mulai dari menari bersama, bernyanyi, berfoto sampai pada olahraga futsal dengan mengenakan daster. Suasana tampak bergemuruh, tatkala para guru mengenakan daster memasuki lapangan pertandingan.

Ketua Yayasan Pendidikan Berkat SabdaMu, Yakobus Kia mengatakan, kegiatan seperti ini mesti terus digalakan. “Sampaikan kepada semua orang bahwa SMAK Yakobus juga buat acara khusus di sekolah. Kegiatan seperti ini harus dilakukan terus untuk mengembangkan diri para peserta didik kita,” tegasnya.

Selain itu, para pengurus inti OSIS pun membacakan hasil kejuaraan dalam ajang lomba futsal dan voli yang dilaksanakan dalam rangka menyongsong Hari Guru di sekolah tersebut. Tidak hanya itu, ketersediaan pangan lokal menjadi tampilan menarik lainnya saat acara makan siang bersama.

SMAK Yakobus Rasul sudah berubah perlahan-lahan dalam kaitan dengan pola konsumsi. Mereka mulai menghindari beras dan kembali ke pangan lokal Lembata. Hal ini sudah menjadi kebiasaan di sekolah ini, bahwa setiap kali ada kegiatan umum di sekolah, wajib menyediakan makanan lokal. Hal ini tentu saja berbarengan dengan UU Pemajuan Kebudayaan normor 5 tahun 2017.

 

Post a Comment for "HUT PGRI ke-78 dan Makanan Lokal di SMAK Yakobus Rasul Lewoleba"