Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pelantikan Ketua Galeka Uyelewun Kupang

GALEKA UYELEWUN KUPANG MESTI KEMBALI KE AKAR BUDAYA




Pada tanggal 15 Maret 2012 silam, mahasiswa Uyelewun Kedang, Kabupaten Lembata yang ada di Kupang telah membentuk satu wadah organisasi yang disebut Galeka Uyelewun Kupang. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan pengembangan wawasan para mahasiswa dalam berorganisasi dan juga demi pembentukkan karakter. Salah satu poin penting yang menjadi landasan pembentukan organisasi mahasiswa tersebut ialah keberakaran dalam budaya lokal dengan segala dimensi peradaban yang telah diwariskan leluhur. Budaya lokal mesti menjadi pijakan dalam membangun kepribadian anggota Galeka Uyelewun Kupang. Hal ini ditegaskan oleh Mathias Mole Hobamatan selaku ketua Umum Galeka Uyelewun Kupang yang baru pada momen pelantikan; berlokasi di Aula Home Stay Kupang, Sabtu (14/3/2020). Selaku ketua yang baru, ia mengajak para anggotanya untuk merefleksikan identitas mereka sebagai generasi penerus bangsa yang telah ditugaskan oleh para Leluhur sebagai penjaga budaya lokal kedang. "menjadi pertanyaan saya, sejauh mana sikap kita sebagai kaum muda kedang dalam mempertahankan eksistensi dari Leu Awu'?", tegas Mathias Mole.





 Menurut dia, di tengah arus modernisasi, kaum muda kedang, Lamaholot, Lepan Batan mulai mengalami degradasi karakter yang berbasis budaya lokal. Seharusnya karakter kaum muda tetap terbentuk dalam situasi kemajuan zaman dalam segala macam dimensi globalisasi. jati diri sebagai orang muda kedang mesti tetap dipertahankan sebagai ciri khas dasar dalam membangun Galeka Uyelewun Kupang. Oleh karena itu, pada akhir pidatonya, Putra Hobamatan tersebut, mengajak seluruh anggota yang hadir untuk bersama-sama kembali ke Rumah Besar Uyelewun sembari menggali warisan-warisan luhur sebagai energi dalam meningkatkan kinerja Galeka Uyelewun Kupang ke depan. sebab, di pundak mereka segala warisan luhur dimaksud telah diletakkan.




 Hadir pada momen pelantikan itu, Bapak Hamszah Wulakada dan Sisi Apelabi serta para senior dan alumni Galeka Uyelewun Kupang. semua anggota Galeka Kupang Pun turut hadir dalam kegiatan tersebut. Usai Kegiatan, mereka melanjutkan dengan rekreasi bersama sebagai satu keluarga Uyelewun Kupang yang diutus untuk Hewo' Ili Boran Tahi', Leu Hoing Do' Pan, awu' Lata Wile Bale. (Rian Odel, Ledalero).

2 comments for "Pelantikan Ketua Galeka Uyelewun Kupang"