Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Orang Muda Desa Wureh Bantu Pengungsi Ile Ape

 

Forum Orang Muda Wureh

Peduli kemanusiaan terhadap korban erupsi Gunung Api, Ile Lewotolok, Kabupaten Lembata terus berdatangan dari berbagai daerah. Kali ini, solidaritas tersebut datang dari Forum Orang Muda Wureh, Desa Wureh, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur.

 Adapun kegiatan yang mereka lakukan yakni penggalangan dana selama lima hari. Hasil dari penggalangan dana tersebut, kemudian dialokasikan untuk mendatangkan perlengkapan mandi dan sembako bagi para korban yang ada di Lembata.

 Setelah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa setempat, Kamis (17/12/2020) Forum Orang Muda Wureh mendistribusikan sumbangan ke Lembata. Koordinator FOMW, Lusia Astuti Karwayu mengatakan, sumbangan yang mereka berikan barangkali sangat sedikit tetapi diharapkan supaya bisa meringankan beban para pengungsi khususnya dalam memenuhi kebutuhan mandi dan sembako di tempat pengungsian. Hal ini ia sampaikan melalui pesan WhatsApp, Rabu (23/12) dari Desa Wure, Adonara Barat.

 Di Lembata, mereka masuk melalui posko cabang SMPN 1 Nubatukan dan dibantu langsung oleh Bapak Yustinus Fernandez dan Andreas Sakera. Distribusi barang pun berjalan lancar.

 Menurut Mahasiswi Universitas Terbuka Waibalun, Flores Timur tersebut, aksi nyata kemanusiaan yang mereka lakukan bertolak dari inisiatif Forum Orang Muda Wureh atas dasar cinta terhadap sesama yang sedang susah.

 “Awalnya kegiatan ini datang dari insiatif kami sebagai satu kelompok anak muda di Wureh. Kesepakatan mulai kami bicarakan dalam grup WhatsApp. Kami ingat mereka. Mereka susah, maka tugas kami membantu mereka,” tandasnya.

 Ia juga menjelaskan, selain forum anak muda dimaksud, juga ada sumbangan dana dari Pater Tarsisius Kewa Ama, Msc yang saat ini bertugas sebagai pastor di Palu, Sulawesi Tengah.

 

Pemdes Beri Apresiasi

Keterlibatan orang muda Wure dalam solidaritas kemanusiaan tersebut, mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Desa Wureh. Yoseph Laba Fernandez, selaku Kepala Desa Wureh, Kecamatan Adonara Barat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Forum Orang Muda wureh karena telah telibat langsung dalam solidaritas kemanusiaan di Lembata.

 “Sebagai manusia tentu kita saling peduli. Mewakili Pemerintah Desa dan masyarakat seluruhnya, saya ucapkan terimakasih kepada forum anak muda karena sudah terjun langsung bantu saudara-saudari kita di Lembata,” pesannya lewat WhatsApp, Rabu (23/12).

 Selain itu, koordinator Forum Orang Muda Wureh, Lusia Astuti Karwayu mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada rekan-rekannya yang sudah merealisasikan bentuk aksi kemanusiaan. Ia mengharapkan agar semangat yang sama bisa terus terpelihara di kemudian hari khususnya dalam membantu sesama manusia yang terdampak musibah.

 Oleh Rian Odel

3 comments for "Orang Muda Desa Wureh Bantu Pengungsi Ile Ape"

  1. Terima kasih tata,,keren le tata🙏

    ReplyDelete
  2. Kami akan siap membantu jika ada musibah musibah yg datang menimpa sodara sodara dong yang ada di tanah flores yang tercinta ini,,slm forum org muda katolik desa Wureh

    ReplyDelete