Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Bisnis Online Snack Video Tidak Bermanfaat, Ini Alasannya

 

Bisnis Online Snack Video Tidak Bermanfaat, Ini Alasannya

A

khir-akhir ini, publik Indonesia dihebohkan dengan kehadiran bisnis online serba gampang untuk mengakses penghasilan. Saya sendiri kaget dengan kehadirang bisnis tersebut. Banyak teman dekat saya yang mengajak untuk bergabung dalam bisnis tersebut. Namun, berulang kali saya menolaknya. Ini beberapa alasan saya menolak bergabung dalam bisnis online tersebut.



Pertama, Tidak Produktif

Berbisnis apa pun bentuknya mesti mendorong kita untuk menjadi kreatif dan produktif bukan sebaliknya menjadikan kita manusia instan. Snack video yang lagi trending dan diminati oleh banyak kalangan, menurut saya membuat kita menjadi orang yang tidak produktif, malas bekerja keras dan tidak kreatif.

Walaupun ada orang tertentu yang sudah viral dengan penghasilan besar, sampai puluhan juta rupiah hanya dalam jangka waktu lima hari. Namun, melihat dari penjelasannya di youtube, bisnis semacam itu tidak membentuk kepribadian kita menjadi manusia pekerja keras dalam hal berbisnis. Oleh karena itu, saya menolak untuk bergabung.

Kedua, Tidak Bermanfaat

Mengapa saya katakan tidak bermanfaat? Alasan primer saya yakni bisnis snack video hanya berorientasi pada uang. Hal ini menurut saya tidak bermanfaat karena yang ada di kepala kita hanya uang. Dengan orientasi untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya, maka aspek atau nilai manfaatnya untuk diri sendiri dan orang lain minus atau kurang. Sebab yang ada di kepala kita yaitu uang, dan banyak pengikut.

Ini tidak bermanfaat untuk proses pembentukan diri dan akan membuat kita menjadi manusia instan. Juga akan berdampak pada orang lain. Mereka juga akan menjadi manusia instan, serba gampang. Intinya uang. Ini, menurut saya tidak bermanfaat.

Ketiga, Itu Bukan Bisnis

Berbisnis, selain orientasi untuk mendapatkan penghasilan tetapi juga ia mesti melatih kita untuk berproses dan membentuk potensi diri kita. Tuhan sudah memberi kita talenta untuk berbisnis secara halal. Namun, paling kurang, potensi itu mesti dikembangkan dengan cara yang tekun, ulet dan produktif. Bukan dengan cara instan.

Walaupun bisnis snack video menjanjikan banyak uang. Namun, menurut saya itu bukan jenis pekerjaan berbisnis yang baik. Snack video tidak melatih atau membentuk karakter kita untuk menjadi seorang pebisnis tangguh. Bayangkan saja seandainya suatu saat bisnis yang lagi populer ini error atau dimatikan. Apa yang akan terjadi dengan kita? Pasti stres, bukan?

Oleh karena itu, marilah kita berbisnis dengan penuh tanggung jawab untuk proses pembentukan diri kita. Kita mesti melatih diri berbisnis  bukan hanya untuk mencari uang secara instan melainkan penuh kerja keras, ketangguhan, ulet dan kreatif-produktif agar bisnis yang kita bangun bisa berumur panjang.

Pada dasarnya, bisnis bukan hanya untuk mendapatkan uang, melainkan untuk mendapatan nilai. Ada nilai manfaat untuk diri sendiri hari ini dan esok. Ada manfaat jangka panjang. Tentu juga manfaat produktivitas. Jangan sampai kita hanya mengejar uang hanya dalam jangka waktu satu atau dua hari. Ini bukan contoh bisnis.

Oleh karena itu, bagi anda yang ingin mengembangkan potensi diri sebagai seorang pebisnis online profesional, carilah jenis bisnis yang bukan hanya menhasilkan uang melainkan juga nilai. Mesti ada kreativitas, produktivitas, inovativitas, dan tentunya membentuk karakter diri kita.

Bagi anda yang merasa artikel ini tidak bermanfaat, setelah baca jangan anda aplikasikan. Namun, jadikan ini sebagai sebuah kritikkan dan semoga membuka wawasan anda dan kita semua untuk bisa menjadi manusia kreatif dan produktif di bidang bisnis online. Salam.

Post a Comment for "Bisnis Online Snack Video Tidak Bermanfaat, Ini Alasannya"